Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Kota Terbaik untuk Kerja Jarak Jauh Sambil Liburan di Seluruh Dunia

Kompas.com - 27/10/2023, 06:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren bekerja jarak jauh masih berlanjut meskipun pandemi Covid-19 telah berakhir.

Platform sumber daya manusia asal Berlin, Jerman bernama WorkMotion menganalisis 85 kota di seluruh dunia untuk melihat betapa menariknya kota tersebut bagi pekerja jarak jauh.

Temuan tersebut mengacu pada lokasi bekerja sambil mengunjungi destinasi wisata atau workcation sekaligus tempat tingal dalam jangka pendek atau di bawah 12 bulan.

Beberapa kota di bawah ini telah dipilih berdasarkan beberapa kategori seperti jenis visa, infrastruktur kerja jarah jauh, pengalaman pengunjung, layanan kesehatan, perumahan, mobilitas, dan kebahagiaan.

Tak hanya itu, tarif pajak penghasilan, keterjangkauan pangan dan perumahan, serta keamanan juga menjadi hal yang diperhatikan.

Baca juga: 9 Etiket Work from Cafe agar Nyaman Bekerja tapi Tidak Mengganggu

Pendiri dan direktur pelaksana WorkMotion Carsten Lebtig menjelaskan, saat mengidentifikasi tujuan workcation, pekerja jarah jauh harus mempertimbangkan berbagai faktor mulai dari yang praktis sampai yang diinginkan.

“Tidak banyak kota yang dapat menawarkan semuanya, tidak tidak dapat dimungkiri kota yang membuat undang-undang untuk menarik pekerja jarak jauh menjadi jauh lebih menarik dibandingkan kota-kota yang tidak menerapkannya,” kata dia, dikutip dari CNBC, Kamis (26/10/2023).

Ia menambahkan, hanya 17 dari 85 kota yang menawarkan visa digital nomad untuk pekerja jarak jauh.

Dalam laporan itu, hanya satu kota yang memiliki skor keseluruhan 100. Sedangkan sembilan negara teratas lainnya memiliki skor berkisar antara 90,3 hingga 99,9.

Baca juga: Libur Akhir Pekan Jajal LRT Jabodebek, Ini Daftar Tempat Wisata Dekat Stasiun yang Bisa Dikunjungi

Carsten menjabarkan, kota Barcelona mencapai skor sempurna dalam studi ini, dengan keterjangkauan perumahan, keterjangkauan pangan, dan pengalaman pengunjung berada di peringkat atas faktor-faktor lain yang diteliti.

Sedangkan, kota gurun Dubai yang mewah adalah satu-satunya dari 85 kota yang menawarkan tarif pajak penghasilan nol. Negara ini juga mendapat skor lebih dari 95 dalam hal keselamatan dan keamanan, serta mobilitas.

Selanjutnya, Praha berada di posisi ketiga dan dianugerahi peringkat tinggi untuk keselamatan dan keamanan, akses terhadap perumahan dan keterjangkauan perumahan.

“Banyak pekerja jarak jauh tertarik ke kota karena adanya gaya hidup atau iklim yang berbeda. Para pemimpin Barcelona, Dubai, dan Praha dapat dengan bangga mengatakan, mereka melakukan hal yang benar dan kota mereka adalah tujuan terbaik untuk workcation serta untuk tinggal, bermain, dan bekerja,” terang dia.

Baca juga: 10 Kota Terbaik untuk Pekerja Remote di AS

 


Lantas mana saja kota-kota di dunia yang menyediakan fasilitas paling baik dan layak dijadikan tujuan untuk bekerja sambil berlibur?

Berikut ini adalah daftar 10 kota terbaik untuk kerja jarak jauh sambil liburan di dunia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com