Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Hadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023, Mentan Amran: Gerakan Ini Dampaknya Luar Biasa Bagi Negara

Kompas.com - 01/11/2023, 18:08 WIB
F Azzahra,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, pangan merupakan aspek strategis yang wajib dibangun bersama.

Hal tersebut dikatakan Mentan Amran saat menghadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023).

Adapun Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Gerakan bertajuk "Ketahanan Pangan untuk Indonesia Maju" digelar sebagai komitmen seluruh masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan di Indonesia.

"Gerakan ini dampaknya luar biasa bagi negara. Ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara, sehingga perlu dijaga bersama," kata Amran dalam siaran persnya.

Pada kesempatan itu hadir pula Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Yudo Margono. Ia menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendukung ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan global.

Baca juga: BPK Lakukan Supervisi Proker Kementan di Kabupaten Situbondo

"Harapannya kerja sama ini dapat terus dilanjutkan oleh Kementan dan generasi berikutnya. Kami bersama Kementan melaksanakan ketahanan pangan sesuai dengan kearifan lokal, yakni membangun pertanian," ujar Yudo.

Kolaborasi Kementan dan TNI dalam menjalankan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.DOK. Kementan Kolaborasi Kementan dan TNI dalam menjalankan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

Hadir pula dalam kesempatan itu Wakil Presiden (Wapres)  Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin. Ia mengimbau agar Kementan, TNI, dan seluruh masyarakat bergerak secara optimal untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif guna memperkuat ketahanan pangan Indonesia.

"Gerakan ini merupakan jawaban dari permasalahan pangan global. Oleh karena itu, mari kita optimalkan seluruh lahan tidur di Indonesia menjadi lahan produktif," terang Ma'ruf.

Untuk diketahui, Wapres Ma'ruf Amin di acara tersebut melakukan berbagai aktivitas, seperti tanam padi, penyerahan bantuan bibit, dialog dengan petani, peninjauan perkebunan kelengkeng, penggemukan sapi, tabur benih sejumlah ikan di embung, dan peninjauan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Mentan Amran Optimistis Kedatangannya Bikin Citra Kementan Membaik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com