Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singgung Banyak Proyek "Pusat" di Solo, Cak Imin: Kalau Kami Jadi Pemerintah, Akan Bagi Adil

Kompas.com - 22/12/2023, 22:19 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengaku jika dirinya dengan Anies Baswedan terpilih sebagai presiden dan wakil presiden akan membagikan proyek nasional secara merata ke daerah-daerah.

"Kalau kami jadi pemerintah pusat, nanti tugas kami adalah membagi secara adil seluruh proyek-proyek nasional kita," ujar pria yang akrab disapa Cak Imin saat debat calon wakil presiden 2024, Jumat (22/12/2023).

Hal ini dikatakan Cak Imin saat menyinggung jumlah proyek pemerintah pusat yang digelontorkan di Kota Solo itu lebih banyak dibanding wilayah di Provinsi Jawa Tengah lainnya.

Baca juga: Mahfud MD dan Cak Imin Sepakat Soal Pemerataan Kepemilikan Lahan

"Saya lihat itu ada 32 proyek pemerintah pusat, ada juga berbagai program-program yang luar biasa, patut kita banggakan," kata dia.

Dengan melihat jumlah proyek tersebut, Cak Imin pun mempertanyakan kepada Gibran, bagaimana cara pemerintah daerah bisa mendapatkan banyak proyek pemerintah pusat.

"Sehingga akses pembangunan bisa bersifat adil dan merata, bukan hanya di satu kota," ujarnya.

Pernyataan itu pun direspons oleh Gibran, di mana ia menampik anggapan Kota Solo merupakan "anak emas" dari pemerintah pusat.

Baca juga: Ditanya Gibran soal SGIE, Cak Imin: Terus Terang Saya Enggak Paham

"Pemerataan pembangunan sudah terjadi di mana-mana bukan hanya di Solo, dan itu fakta lho Gus, proyek di Solo sebelum saya menjabat itu lebih banyak," kata Gibran.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan Kompas.com, sejak Gibran memimpin Kota Solo, wilayah tersebut memang menerima belasan proyek pemerintah pusat melalui APBN.

Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir terdapat 16 proyek pembangunan infrastruktur yang dikucurkan dari pemerintah pusat ke Kota Sola, mulai dari Revitalisasi Pasar Mebel Gilingan, Revitalisasi Taman Balekambang, hingga Jembatan Urug.

Baca juga: Cak Imin Senggol Gibran soal Banyaknya Proyek APBN di Kota Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com