Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Groundbreaking Tahap 4 di IKN, Ada 10 Proyek dari Logistik hingga Masjid

Kompas.com - 16/01/2024, 16:52 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) keempat di IKN, Kalimantan Timur pada Rabu (17/1/2024).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, pada groundbreaking IKN tahap 4 ini ada 10 proyek dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan lembaga negara yang akan melakukan groundbreaking.

Dia mengungkapkan, pada groundbreaking IKN tahap 4 ini paling banyak dari sektor logistik dan hunian. Sebab kedua sektor tersebut sangat diperlukan untuk memudahkan perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari DKI Jakarta ke IKN pada tahun ini.

Baca juga: Pembangunan Kereta Otonom di IKN Dikaji, Bakal Beroperasi di Sebagian Wilayah Saja

Sumbu Kebangsaan IKN, Kalimantan TimurKementerian PUPR Sumbu Kebangsaan IKN, Kalimantan Timur

"Groundbreaking keempat IKN yang akan terjadi di 17 Januari 2024 tepat 7 bulan sebelum upacara 17 Agustus 2024 yang saat ini seluruh persiapannya sudah dimulai," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/1/2024).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, terdapat dua proyek BUMN yang akan dimulai pembangunannya pada Rabu besok, yaitu Nusantara Logistic Hub oleh PT Pos Indonesia (Persero) yang bekerja sama dengan PT Bina Karya sebagai Badan Usaha Otorita (BUO) dan Studio Siaran Radio oleh Radio Republik Indonesia (RRI).

"Studio Siaran Radio di IKN ini lokasinya di kawasan hunian pekerja konstruksi. Kalau tidak ada aral melintang, Pak Presiden besok juga akan berbicara dengan bangsa Indonesia pertama kalinya melalui jaringan radio di IKN," tambahnya.

Sementara proyek swasta yang akan digroundbreaking pada tahap keempat ini berjumlah 4 proyek terdiri dari 2 proyek sektor logistik dan 2 proyek sektor perhotelan.

Baca juga: 28 Proyek IKN Ditargetkan Rampung Juni 2024, Ini Daftarnya

Adapun 4 proyek tersebut, yaitu area pergudangan oleh SUN Hub, Nusantara Warehouse Park oleh perusahaan asal Balikpapan, Kalimantan Timur yakni PT Wulandari Bangun Laksana, Hotel Bintang 5 oleh Jambuluwuk Hotels and Resorts, dan Green Pesantren yang merupakan pilot project reforestasi.

"Dua proyek ini SUN Hub atau NWP ini menunjukkan memang logistik menjadi tema dari groundbreaking kali ini bersama Pos Indonesia. Karena tentunya persiapan perpindahan ASN di 2024 ini akan perlu didukung oleh logistik," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com