Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Mau Bikin 2.000 Tiang Listrik Jadi Charger Kendaraan Listrik

Kompas.com - 31/05/2024, 14:51 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) bakal membuat 2.000 tiang listrik menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), alias tempat "charger"  kendaraan listrik. Inovasi ini ditargetkan rampung pada tahun 2024 ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pemanfaatan tiang listrik eksisting menjadi SPKLU dilakukan karena biayanya yang jauh lebih murah, ekonomis, dan tersebar di seluruh Indonesia.

"Karena biayanya lebih murah tentu saja di 2024 ini kami menargetkan menambah 2.000 unit SPKLU tiang," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, dikutip Jumat (31/5/2024).

Baca juga: TRON Hadirkan Kendaraan Listrik Roda Tiga untuk Kebutuhan Bisnis dan Logistik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).
Ia menjelaskan, tiang listrik yang dimanfaatkan berbasis baja maupun beton, di mana akan ditambah fitur 'charger' pada tiang listrik tersebut.

PLN juga akan memilih lokasi tiang listrik yang memang strategis untuk dijadikan charger kendaraan listrik.

"Misalnya di tempat-tempat umum di mana banyak sekali kendaraan listrik yang parkir daerah tersebut, atau di sekitar apartemen dengan konsentrasi kendaraan listrik yang banyak sekali terparkir di sekitar apartemen tersebut," jelas Darmawan.

Adapun hingga saat ini sudah terdapat 1.380 SPKLU yang disediakan PLN. SPKLU ini tersebar di 956 lokasi di Indonesia.

Baca juga: Kementerian ESDM Ungkap Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik di Tanah Air

Terdiri dari 966 SPKLU di Pulau Jawa, 165 SPKLU di Pulau Sumatra, 116 SPKLU di Pulau Nali dan Nusa Tenggara, 64 SPKLU di Pulau Sulawesi, 54 SPKLU di Pulau Kalimantan, 8 SPKLU di Maluku, serta 7 SPKLU di Papua.

SPKLU tersebut beragam jenis yakni ultra fast charger (>50 kW) ada 150 unit, fast charger (>22 sd 50 kW) ada 239 unit, medium charger (>7 sd 22 kW) ada 445 unit, serta standard charger (? 7 kW) ada 546 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com