Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Catat Transaksi dan Konsumsi SPKLU Naik 5 Kali Lipat Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 22/04/2024, 10:49 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mencatat jumlah transaksi dan konsumsi listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN meningkat lima kali lipat pada periode libur Lebaran 2024. 
Sumater

Adapun tersedia 1.299 unit SPKLU yang tersebar di 879 lokasi untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya, Senin (22/4/2024).

Baca juga: SPKLU PLN Siap Layani Pemudik Arus Balik

Tampilan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan fast charging yang disediakan PLN di berbagai wilayah di Indonesia.Dok. PLN Babel. Tampilan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan fast charging yang disediakan PLN di berbagai wilayah di Indonesia.

Tingginya animo masyarakat yang mudik dengan kendaraan listrik tercermin jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi hingga H+7 Idul Fitri 2024. Angka ini naik 5 kali lipat dibandingkan di 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi.

Jumlah konsumsi listrik di SPKLU juga meningkat, hingga H+7 Idul Fitri 2024 tercatat mencapai 226,5 mega watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebesar 43,5 MWh.

"Penyediaan SPKLU memang menjadi salah satu fokus utama yang diperhatikan perseroan dalam libur Idul Fitri tahun ini. Terlebih, animo penggunaan kendaraan listrik yang semakin meningkat," kata dia.

Penyediaan SPKLU tersebut dibarengi dengan penambahan fitur trip planner pada aplikasi PLN Mobile, di mana para pengguna kendaraan listrik bisa membuat rencana perjalanan dengan menentukan dan mencari lokasi SPKLU. 

Baca juga: Catat, Ini 39 Titik SPKLU di Sepanjang Tol Trans Sumatera

Darmawan pun memprediksi, ke depan pengguna kendaraan listrik akan terus meningkat. Maka dari itu, PLN akan terus memastikan SPKLU bisa beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik tetap nyaman dalam melakukan perjalanan jauh.

"Kami yakin dengan pengalaman tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, dan kami pastikan, PLN siap memberikan layanan terbaik,” pungkasnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com