Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, PNM Targetkan Kredit Ultra Mikro Rp 72 Triliun

Kompas.com - 03/06/2024, 17:26 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan kredit ultra mikro (UMi) pada 2024 sebesar Rp 72 triliun.

"Tahun lalu jumlah penyaluran 2023 sebesar Rp 70 triliun," ujar Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (3/6/2024).

Adapun jumlah nasabah PNM di Indonesia mencapai 15,2 juta orang. Dalam menjaga nasahnya, PNM tidak hanya memberikan modal usaha.

Mereka juga memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk. Singkatnya PNM bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan.

Baca juga: Tak Mau Kejadian Nasabah Lempar Piring Saat Ditagih Kredit Terulang, PNM Kini Fokus Lindungi Karyawannya

Salah satu hal penting yang dibutuhkan selama pendampingan dan melayani nasabah adalah kepekaan. Ada beragam cara yang dilakukan salah satunya meningkatkan rasa empati dengan mengunjungi siswa/siswi SLB Rawinala.

Di sekolah ini, milenial PNM bertemu dengan penyandang tuna ganda netra, yakni kondisi penyandang dengan dua atau lebih keterbatasan.

"Rasa empati perlu terus dipupuk khususnya oleh milenial PNM yang juga memberikan pelayanan kepada pelaku usaha ultra mikro Indonesia," ucap dia seraya mengatakan kunjungan tersebut bagian dari program PNM Peduli dalam rangkaian HUT PNM ke-25.

Secara tidak langsung, pelayanan yang optimal dari para generasi muda akan berpengaruh positif pada kinerja perusahaan.

Baca juga: Bank DBS Indonesia Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Fasilitas Kredit di PNM


Wakil Kepala SLB Rawinala, Vera mengungkapkan terima kasihnya atas kunjungan para milenial PNM ini.

"Tentunya banyak yang terpanggil namun hanya sedikit yang terpilih untuk melayani. Begitu juga dengan kunjungan teman-teman hari ini,” ungkap perempuan yang telah mengabdi selama 20 tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com