Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Pakai GoTransit, Bisa Pangkas Biaya Transportasi?

Kompas.com - 05/06/2024, 21:12 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya transportasi menjadi salah satu anggaran terbesar bagi para pekerja di ibu kota. Para pekerja yang beruntung bisa memiliki tempat tinggal strategis dengan harga murah mungkin memiliki biaya transportasi lebih kecil daripada yang tinggal di pinggiran Jakarta.

Namun demikian, biaya transportasi yang murah tentu akan dibandingkan dengan biaya lokasi tempat tinggal strategis dengan harga yang mahal. Sebut saja biaya kos-kosan di Jakarta Pusat sekitaran SCBD Sudirman, Gambir, atau Thamrin merogoh kocek sekitar Rp 3 jutaan per bulan.

Ini tentu berbanding terbalik jika kamu memiliki tempat tinggal di sekitar Bogor, Bekasi, Depok, atau Tangerang.  Biaya ojek online saja bisa mencapai Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per hari.

Baca juga: Fitur GoTransit Disebut Bantu Tingkatkan Minat Masyarakat Naik KRL

Rinciannya, ongkos dari rumah ke Stasiun Bogor Rp 45.000, dari Bogor menuju stasiun Tebet dengan biaya Rp 5.000, lalu dari Stasiun Tebet naik Transjakarta menuju Halter Gelora Bung Karno Rp 3.500.

Jadi totalnya Rp 53.500, nilai tersebut bisa lebih mahal jika berangkat pagi dalam kondisi terburu - buru dan harus menggunakan ojek online, bisa-bisa biaya per trip kamu berkali-kali lipat mahalnya.

Lalu, apakah ada alternatif lain yang bisa digunakan dengan harga murah ?

Tentu saja, jika mau eksplore lebih dalam, ternyata kita bisa mendapatkan transportasi murah, meskipun kamu tinggal di pinggiran Jakarta. Contoh saja nih, jika kamu tinggal di Bogor dan ingin pergi ke Ji-Expo, ada alternatif transportasi murah yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa naik KRL dari stasiun bogor menuju Stasiun Jakarta Kota dengan biaya Rp 6.000. Lalu, dari Stasiun kota kamu bisa naik Jak Lingko yang saat ini masih gratis, hanya dengan melakukan tap in-tap out. Jadi biaya transportasi kamu dari Bogor ke Ji-Expo hanya Rp 6.000 saja per perjalanan, murah bukan?

Baca juga: Mengenal Gaya Hidup Frugal Living, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Cara beli tiket KRL di GoTransit.gojek.com Cara beli tiket KRL di GoTransit.
GoTransit

Salah satu perusahaan teknologi ride hailing Gojek saat ini bekerja sama dengan KAI Commuter memberikan fasilitas atau kemudahan bagi pelanggannya dengan menggabunkan tiket KRL dan Gojek.

Memang sesekali terasa lebih murah dengan promo - promo yang diberikan. Namun, tentunya itu tidak bisa didapatkan setiap hari. Jadi kamu harus pintar-pintar memanfaatkan promo untuk mendukung gaya hidup frugal kamu.

Misalkan, kamu ingin pergi ke Menara Kompas lewat stasiun Palmerah, dan kamu tinggal di Parung Panjang. Kamu bisa mendapatkan harga Rp 9.000 hingga Rp 10.000 jika kamu berangkat dari rumah menggunakan Go Transit.

Pengalaman penulis, sempat menggunakan beberapa kali fasilitas ini, dan memang bisa memangkas biaya perjalanan hingga Rp 10.000-Rp 20.000. Cukup menghemat sekali bagi kamu yang tiap hari harus berangkat kerja.

Pengalaman saya pergi bekerja ke Menara Kompas, harga transportasi dari rumah di daerah Parung Panjang ke Stasiun Parung Panjang hanya di bandrol Rp 5.000 per perjalanan. Lalu dari Stasiun Parung Panjang menuju Stasiun Palmerah Rp 4.000, jadi per trip saya hanya perlu membayar Rp 9.000, sudah diantar Gojek sampai rumah.

Transportasi yang menghubungkan pinggiran Jakarta ke pusat kota juga beraneka ragam. Misalnya bus, JR Connexion yang melayani rute Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang, tarifnya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per trip.

Nah, dari pengalaman tersebut, hadirnya ojek online bisa menjadi solusi bagi kamu untuk menghemat waktu sampai di lokasi kerja. Namun, jika kamu menganut gaya hidup frugal living, kamu tentu harus mengorbankan waktu demi biaya transportasi yang lebih murah.

Baca juga: Inovasi GoTransit Diproyeksi Tingkatkan Transaksi dan Pendapatan GoTo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com