Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi GoTransit Diproyeksi Tingkatkan Transaksi dan Pendapatan GoTo

Kompas.com - 28/06/2022, 22:05 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah perluasan layanan on demand yang dilakukan Gojek diproyeksi berdampak positif terhadap profitabilitas PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Sebagaimana diketahui, Gojek baru-baru ini menjalin kerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia, untuk menghadirkan pembelian tiket KRL dalam fitur GoTransit.

Melalui kolaborasi tersebut, GoTo melalui Gojek menjangkau 1,2 juta pengguna commuter line setiap harinya yang diharapkan segera meningkat menjadi 2 juta pengguna dalam waktu dekat.

Baca juga: Gojek Kenalkan GoTransit, Apa Kegunaannya?

CEO Sucor Sekuritas Bernadus Wijaya mengatakan, dengan ekosistem yang ada, GoTo akan mampu membantu mewujudkan terintegrasinya multi-moda transportasi sehingga menciptakan efisiensi dalam mobilitas masyarakat.

Selain layanan transportasi, layanan Online Food Delivery (OFD) Gojek, yakni GoFood, juga masih akan mendongkrak tingkat transaksi dan pendapatan GoTo.

”Inovasi GoTo melalui GoTransit dan kepemimpinan GoFood di online food delivery menunjukkan potensi yang besar untuk GoTo meningkatkan GTV (Gross Transaction Value) dan pendapatannya,” ujar dia, dalam keterangannya, Selasa (28/6/2022).

Asal tahu saja, hasil survei Tenggara Strategics menunjukan, nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV) layanan OFD sepanjang 2021 sebesar Rp 78,4 triliun pada 2021, di mana nilai transaksi platform GoFood diestimasi mencapai Rp 30,65 triliun atau menguasai 39 persen dari total GMV.

Baca juga: Unggulkan GoTransit, Gojek Tingkatkan Inovasi Layanan Dukung Pemulihan Mobilitas pada 2022

”Jika kita lihat di performa keuangan GoTo pada kuartal I 2022, terjadi peningkatan sebesar 58 persen pendapatan bruto dan segmen on-demand juga meningkat 44 persen secara year-on-year. Segmen on-demand adalah salah satu kontributor terbesar GTV dan pendapatan GoTo,” tutur Bernadus.

Melalui penguatan ekosistem GoTo di layanan on-demand, Bernadus meyakini akan mendorong peningkatan transaksi di segmen lainnya yaitu financial technology khususnya GoPay dan e-Commerce yaitu Tokopedia.

”Jika bisnis on-demand GoTo seperti GoTransit dan GoFood dapat berinovasi dan meningkatkan transaksinya, berarti semakin banyak juga pengguna GoPay untuk melakukan pembayaran dan semakin banyak merchant GoFood yang menggunakan solusi merchant dari GOTO Financial,” ucap dia.

Baca juga: Gelar RUPST, GOTO Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com