Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DANA dan Jalin Sepakati Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital

Kompas.com - 30/04/2024, 20:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jalin Pembayaran Nusantara, bagian dari Holding BUMN Danareksa dan PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) melakukan kerja sama strategis.

Kerja sama ini mencakup penggunaan teknologi pemroses pembayaran (switching) berbasis Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dalam layanan jaringan Link guna mendukung perluasan interkoneksi layanan keuangan digital kepada masyarakat.

Pemerintah terus mendorong peran industri financial technology (fintech) dalam meningkatkan akses terhadap layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, wilayah terpencil, masyarakat berpenghasilan rendah, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: BI: Biaya Merchant QRIS 0,3 Persen Tidak Boleh Dibebankan ke Konsumen

Ilustrasi aplikasi DANA. SHUTTERSTOCK/ARIEF BUDI KUSUMA Ilustrasi aplikasi DANA.

Mereka merupakan bagian krusial dalam pencapaian target inklusi keuangan nasional sebesar 90 persen pada tahun 2024.

Dengan dukungan tersebut, diharapkan masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses terhadap layanan keuangan dapat memperoleh manfaat yang lebih besar.

Sementara itu, diharapkan pertumbuhan UMKM juga dapat dipercepat melalui akses yang lebih mudah ke pembiayaan melalui layanan keuangan lain yang lebih aman dan efisien, didukung oleh peran fintech serta Penyedia Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) seperti Jalin.

DANA sebagai perusahaan teknologi penyedia pembayaran dan jasa keuangan digital menyatakan dukungannya terhadap hal tersebut.

Baca juga: Intip Modern-nya Pasar Tradisional Lebak Budi di Lampung, Usai Tawar Menawar Bayarnya Pakai QRIS

“Kami percaya kemitraan yang terus kami lakukan, merupakan gerbang pembuka bagi terciptanya masyarakat Indonesia yang inklusif dan sehat secara finansial. Salah satunya termasuk dengan menggandeng mitra seperti Jalin yang memiliki layanan jaringan Link," kata Vince Iswara, CEO dan Co-founder DANA dalam keterangan resmi, Selasa (30/4/2024).

Vince menjelaskan, pihaknya menciptakan platform pembayaran dan layanan keuangan yang inklusif dengan visi kami yang terus konsisten, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia nontunai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com