Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Franchise dan Lisensi Bakal Digelar di Jakarta, Cek Tanggalnya

Kompas.com - 30/04/2024, 19:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah ketahanan ekonomi yang kuat dengan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan mencapai 4,9 sampai 5 persen pada tahun 2024, Panorama Media bakal pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI).

Pameran ini akan diadakan pada tanggal 10 sampai 12 Mei 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO, Kemayoran) Hall D2.

Edisi ke-22 FLEI bertujuan untuk mengangkat reputasi acara ini menjadi lebih dari sekadar pameran franchise biasa.

Baca juga: Franchise Street Food Taiwan Sosis mulai Rp 55 Juta, Intip Peluang Usahanya

Ilustrasi franchise atau waralaba.SHUTTERSTOCK/NATALI_MIS Ilustrasi franchise atau waralaba.

“FLEI bertekad menyatukan berbagai elemen dari ekosistem peluang usaha ke dalam satu platform berupa ‘Business Show’ yang mencakup lima cabang usaha, yaitu bisnis Franchise, BizOps, IP Lisensi, Reseller/Distributor, dan Retail Solution," kata Presiden Direktur Panorama Media Royanto Handaya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024).

Royanto menjelaskan, sebagai penyelenggara, pihaknya memiliki peran penting untuk menjembatani hubungan antara penjual dengn pembeli, serta memberikan pemahaman mendalam kepada calon atau wirausaha muda tentang bagaimana mencapai kesuksesan dalam beragam kondisi.

Dalam konteks jangka panjang, Indonesia terus mengikuti rencana pembangunan 20 tahun yang mencakup peningkatan sumber daya manusia dan daya saing di pasar global.

“Kami yakin bahwa dinamika pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menawarkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya bagi pengembangan bisnis franchise & lisensi, yang dimana dapat mendorong inovasi dan kewirausahaan di seluruh negeri,” jelas Levita G Supit, Ketua umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) dan Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia).

Baca juga: Syarat dan Modal Franchise Smartfolks Coffee

Terlebih lagi dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan di mana Surat tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) sudah dipersingkat menjadi minimal tiga tahun.

“Industri Franchise di Indonesia menjadi terus berkembang, menawarkan peluang yang sangat menjanjikan bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan kekuatan merek yang sudah terbukti dan model bisnis yang efektif," tutur Burang Riyadi, konsultan franchise di Franchise Academy Indonesia.

Hal ini membuat bisnis franchise semakin menarik bagi yang mencari investasi di franchise yang dinamis dan terus berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com