Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Franchise Indonesia yang Menjanjikan

Kompas.com - 25/09/2023, 18:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Waralaba atau franchise Indonesia sedang gencar-gencarnya berkembang. Untuk itulah jika Anda serius ingin mengembangkan bisnis ke bisnis franchise Indonesia, sebaiknya Anda harus melihat ciri-ciri franchise tersebut agar Anda dapat meminimalisir kerugian.

Karena sebagai seorang franchisee (pembeli merk waralaba), Anda tidak boleh mengandalkan info dari franchisor (pemilik merk) sepenuhnya. Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh mempercayai informasi dari mereka.

Mengutip dari buku "Mudahnya Usaha Kuliner yang Kian Populer", Senin (25/9/2023), berikut adalah tips memilih franchise Indonesia yang menjanjikan.

Baca juga: 8 Kesalahan Menjalankan Bisnis Franchise yang Perlu Dihindari

1. Jangan mudah percaya dengan brosur

Tips pertama adalah jangan mudah percaya dengan brosur, terlebih pada calo franchise. Informasi sepihak dari franchisor biasanya bias dan cenderung subjektif.

Jangan pertaruhkan uang, reputasi dan masa depan Anda. Carilah konsultan yang atahu tentang usaha waralaba yang bisa Anda percaya dan Anda andalkan.

2. Tak ada yang instan

Tips kedua adalah jangan ingin cepat kaya. Tidak ada sesuatu yang instan. Begitu juga jika Anda memilih membeli sebuah usaha waralaba.

Tidak ada jaminan bahwa usaha Anda akan cepat sukses. Semua bisnis membutuhkan kesabaran untuk terus lanjut, tak terkecuali franchise.

Reputasi sebuah usaha waralaba dengan pengendalian sistem yang bagus pada akhirnya kembali pada kemauan dan kemampuan anda dalam menjalankannya. Semuanya membutuhkan waktu.

Baca juga: 5 Tips Membuka Franchise Minuman untuk Pemula

3. Jangan pilih franchise karena murah

Franchise Indonesia jangan hanya dipilih hanya karena harganya murah. Anda tahu, franchisor membutuhkan investasi besar untuk membangun bisnisnya.

Oleh karena itu, mereka menuntut pengembalian investasi bisnisnya melalui fee dan royalty. Jadi, jangan pernah Anda memilih sebuah usaha waralaba karena harganya yang murah.

4. Tentukan tujuan

Tips keempat adalah tentukan tujuan Anda membuka bisnis franchise. Tujuannya adalah hal yang sangat penting dalam bisnis.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com