Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Astra International Rp 7,46 Triliun pada Kuartal I 2024

Kompas.com - 30/04/2024, 18:44 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) mencatat laba bersih Rp 7,46 triliun pada kuartal I-2024. Angka ini lebih rendah 14 persen dibandingkan dengan kuartal I-2023 sebesar 8,72 triliun.

Mengutip laporan keuangan perusahaan, laba bersih tersebut tidak termasuk penyesuaian nilai wajar atas investasi di GoTo dan Hermina, sebesar Rp 8,1 triliun atau 5 persen lebih rendah dibandingkan dengan kuartal I-2023.

Sejalan dengan laba, pendapatan ASII tercatat sebesar Rp 81,2 triliun pada kuartal I-2024 dibandingkan dengan kuartal I-2023 sebesar Rp 82,9 triliun.

Baca juga: Astra Life Catat Premi Bruto Rp 6,1 Triliun Sepanjang 2023

Ilustrasi PT Astra International Tbk. SHUTTERSTOCK/MACROECON Ilustrasi PT Astra International Tbk.

Presiden Direktur ASII Djony Bunarto Tjondro mengatakan, penurunan kinerja pada kuartal pertama 2024 merupakan dampak dari kondisi ekonomi yang lemah, serta penurunan harga batu bara.

"Kinerja grup pada kuartal pertama tahun 2024 menurun, merefleksikan kondisi ekonomi yang melemah dan penurunan harga batu bara dari tingkat harga yang tinggi sebelumnya,” kata Djony dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/4/2024).

Dia bilang, pihaknya masih tetap optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia di masa depan. Untuk itu, ASII menetapkan diversifikasi protofolio bisnis untuk memanfaatkan peluang jangka panjang.

“Dengan neraca keuangan yang kuat, kami diversifikasi portofolio bisnis berada dalam posisi yang baik dalam memanfaatkan peluang jangka panjang," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com