Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Saham Blue Chip Murah untuk "Window Dressing", Ada ASII dan TLKM

Kompas.com - 18/12/2023, 11:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuknya investor asing ke saham-saham blue chip dalam negeri membuka peluang terjadinya window dressing. Ada beberapa saham unggulan yang masih murah dan berpotensi menguat.

Head of Research Mirae Asset Sekuritas Robertus Hardy mengatakan, IHSG berpeluang mengalami window dressing atau santa claus rally terutama pada beberapa saham blue chip.

"Ada beberapa saham blue chip yang diperdagangkan dengan valuasi rendah, tetapi profitabilitasnya naik. Ini bisa menjadi peluang untuk akumulasi," kata Robertus belum lama ini.

Baca juga: Tips Cuan di Tengah Sentimen Window Dressing Akhir Tahun Ini

Ilustrasi saham, indeks saham, bursa saham. SHUTTERSTOCK/FEYLITE Ilustrasi saham, indeks saham, bursa saham.

Adapun saham pilihan Mirae Asset Sekuritas jatuh pada PT Astra International Tbk (ASII), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT AKR Corporindo Tbk (ARKA).

Menurutnya ASII memiliki valuasi Price Earning Ratio (PER) yang makin mendekati level Maret 2020. Namun Return on Equity (ROE) ASII terus mengalami peningkatan.

Harga saham dan valuasi TLKM juga membaik setelah turun tajam. Saham blue chip lain adalah EXCL dengan Price Book Value (PBV) yang sudah turun ke bawah satu kali.

"‘EXCL sudah cukup menarik, meskipun profitabilitas ROE tidak setinggi emiten lain di sektornya. Namun EXCL punya rencana besar," jelas Robertus.

Baca juga: Momentum Window Dressing, IHSG Diproyeksi Lanjutkan Kenaikan

EXCL berencana untuk mengkonsolidasikan 750.000 pengguna jasa PT Link Net Tbk (LINK) dan diharapkan selesai pada kuartal II-2024. Namun transaksi ini masih menunggu persetujuan regulator.

Kemudian, AKRA juga memiliki PER yang masih cenderung stagnan, tetapi memiliki profitabilitas REO masih terus mengalami kenaikan. Prospek ARKA juga disokong oleh penjualan JIIPE.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com