BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Masuki Usia ke-20, Sido Muncul Beberkan Rahasia Sukses Kuku Bima

Kompas.com - 27/04/2024, 20:46 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu produk unggulan PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul), Kuku Bima, telah hadir di tengah masyarakat Indonesia selama 20 tahun terakhir.

Produk minuman yang telah beredar di banyak negara itu merayakan hari jadi ke-20 di Hotel Tentrem, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/4/2024).

Sederet Brand Ambassador Kuku Bima, mulai dari Rieke Diah Pitaloka, Chris John, Shanty, hingga Denada turut memeriahkan acara tersebut. Bintang iklan terbaru Kuku Bima, Novia Bachmid, juga tampil mengisi acara dengan suara khasnya.

Pada acara bertajuk "Gathering Top 20 Grosir Kuku Bima" itu, Sido Muncul mengundang 20 grosir dari seluruh penjuru Nusantara, mulai dari Padang, Pekanbaru, Surabaya, Gresik, Pontianak, Batam, Banjarmasin, Medan, Palembang, Tangerang, Bangka, hingga Pontianak.

Sebelumnya, mereka diajak berkeliling ke Pabrik Sido Muncul di Bergas, Kabupaten Semarang, untuk melihat langsung proses produksi Kuku Bima dan produk-produk unggulan Sido Muncul lainnya.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengenang perjalanan Kuku Bima, sejak perdana muncul hingga sukses berada di tengah masyarakat Indonesia selama dua dekade.

"Saya merasa bangga dan bersyukur terhadap pencapaian produk Kuku Bima hingga bisa berada di tahap ini. Semoga ke depannya semakin banyak inovasi dan ide kreatif yang bisa dihasilkan agar Kuku Bima bisa semakin maju dan diterima di hati masyarakat," kata Irwan di Hotel Tentrem, Kamis.

Irwan menjelaskan, salah satu sosok yang berperan penting dalam kesuksesan Kuku Bima adalah sang adik, Sofyan Hidayat.

Ia mengisahkan bahwa Sofyan Hidayat berperan besar dalam mengembangkan rasa produk Kuku Bima, serta mendistribusikan produk melalui PT Muncul Mekar.

“Peran Pak Sofyan Hidayat sangat besar dalam kehadiran Kuku Bima. Dia yang mengubah rasa (Kuku Bima) dari sebelumnya kurang enak, menjadi sangat enak seperti sekarang,” jelasnya.

Ia pun mengisahkan sejumlah tantangan yang dihadapi untuk membuat Kuku Bima semakin dikenal di masyarakat.

"Sudah 20 tahun sejak launching Kuku Bima Energi. Selama 20 tahun ini, kami ketemu kembali sama grosir, distributor, production house, director, hingga bintang iklan. Ya, kalau saya ingat 20 tahun lalu, (Kuku Bima) ini menjadi produk yang cukup terkenal. (Setelah perjalanan) selama 20 tahun, kami bisa bertemu kembali (dengan orang-orang yang terlibat)," imbuh Irwan.

Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat memberikan keterangan kepada rekan-rekan media dalam acara HUT ke-20 Kuku Bima di Hotel Tentrem, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/4/2024)KOMPAS.com/Titis Anis Fauziyah Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat memberikan keterangan kepada rekan-rekan media dalam acara HUT ke-20 Kuku Bima di Hotel Tentrem, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/4/2024)

Lebih lanjut, Irwan juga menceritakan perjuangannya dalam pembuatan salah satu iklan Kuku Bima yang paling ikonik, yakni "Lelaki Pemberani" bersama dengan juru kunci Gunung Merapi yang melegenda saat itu, Mbah Marijan. Selain itu, ia juga terinspirasi oleh sosok petinju Chris John juga menjadi perhatian.

"Saya saat itu ketemu Mbah Marijan, syuting di Gunung Merapi. Saya itu juga pernah stres, lho. Waktu itu, kalau Chris John kalah, saya hancur benar itu," kata Irwan mengenang diiringi tawa hadirin, termasuk Chris John.

Irwan berharap, di usia Kuku Bima yang menginjak angka 20 tahun, seluruh tim yang terlibat dalam perjalanan Kuku Bima dapat semakin kompak dan solid, mulai dari brand ambassador, tim produksi, hingga bagian iklan.

Sementara itu, salah satu Brand Ambassador Kuku Bima pertama, Rieke Diah Pitaloka, mengakui bahwa Kuku Bima dan Sido Muncul merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan hidup dan kariernya.

"Saya senang sekali, Kuku Bima energi adalah sejarah hidup bagi saya, sejarah perjuangan. Pak Irwan sudah seperti orangtua saya, dan semua yang bekerja untuk Kuku Bima adalah keluarga. Kita di awal bener-bener fight bareng. Kita sebagai model iklan juga turun menemui grosir ke pasar, jadi kaya blusukan. Ini sebuah perjalanan yang berharga," kata Rieke.

Selain itu, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-20, Kuku Bima juga mengadakan kompetisi desain kemasan yang akan diproduksi secara terbatas atau limited edition.

Sebanyak 15 pemenang favorit, 4 pemenang besar, dan 1 pemenang utama akan dipilih. Kemudian, peluncuran kemasan Kuku Bima dengan desain terbatas akan ditampilkan saat Gala Dinner.

Sebagai informasi, Kuku Bima merupakan produk minuman yang dapat menambah stamina dan memelihara daya tahan tubuh. Produk ini sudah diekspor ke berbagai negara, seperti Malaysia, Nigeria, Brunei Darussalam, Afghanistan, dan Yordania.

Komposisi produk tersebut terdiri dari bahan-bahan alami, seperti ginseng, royal jelly, madu, serta berbagai macam vitamin. Produk ini juga memiliki berbagai varian rasa, mulai Original, Anggur, Mangga, Kopi, Jambu, Jeruk, Nanas, Susu Soda, dan Anggur plus Vitamin C.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com