Salin Artikel

Bawang Putih Impor Masuk Hari Ini

Bawang putih impor tersebut diharapkan bisa segera masuk ke pasar sehingga bisa menurunkan harga bawang putih yang melonjak jelang bukan puasa.

"Kalau yang impor, bawang putih, udah masuk impornya hari ini," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu mengatakan, bawang putih impor yang masuk hari ini berasal dari pihak swasta yang sudah mengantongi izin impor dari Kementerian Perdagangan.

Darmin mengatakan, bawang putih menjadi salah satu komoditas yang menyumbang inflasi pada April 2019.

Bersama dengan beberapa komoditas lain, bawang putih menyumbang inflasi April 2019 menjadi 0,44 persen..

"Mentan bilang (bawang putih) udah msk. Ya udah bagus lah. Tinggal sebenarnya kalau urusan cabai dan bawang ini harus ada jalan lain (agar lonjakan harga tidak)," kata Darmin.

"Kalau dibiarkan saja begini, harganya jatuh saat penen. Sementara saat enggak ada panen, harganya naik," sambung dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nirwan mengungkapkan, izin impor 115.000 ton bawang putih sudah terbit.

Izin itu diberikan kepada delapan perusahaan dengan tujuan untuk menurunkan harga bawang putih yang melonjak di pasaran jelang bulan puasa atau Ramadhan.

"Ini tahap pertama," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Saat ini harga bawang putih ada di sekitaran Rp 40.000 an per kg. Pemerintah menargetkan, harganya bisa turun ke kisaran Rp 30.000-35.000 per kg dengan adanya pasokan bawang putih impor.

https://money.kompas.com/read/2019/05/03/160300226/bawang-putih-impor-masuk-hari-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.