Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Darmin Nilai Wajar Rupiah dan IHSG Tertekan Hari Ini

Adapun berdasarkan pemantauan Kompas.com pada pukul 10.30 WIB nilai tukar rupiah sudah bertengger pada posisi Rp 14.512,5 per dollar AS, melemah 32,5 poin atau 0,22 persen dibanding penutupan lalu.

Di sisi lain, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun dibuka melemah pada posisi 5.948 sementara pada perdagangan kemarin ditutup 5.951.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan, tertekannya nilai tukar rupiah serta IHSG merupakan hal yang wajar seiring dengan adanya aksi demonstrasi yang berbuntut kerusuhan di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Tentu saja (rupiah dan IHSG tertekan). Ya itu namanya euforia pasar, pasar itu suka sentimental aja. Jadi besok ada koreksinya dia bikin," ujar dia di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan, dengan kejadian tersebut, investor akan cenderung bersikap wait and see untuk menanamkan dana mereka di Indonesia.

"Ya paling orang kemudian lihat-lihat. Paling-paling soal investasi ada yang lihat lihat dulu," ujar Darmin di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Namun, menurutnya, dalam waktu dekat beberapa indikator perekonomian akan kembali stabil. Pasalnya, koreksi terhadp IHSG dan rupiah menurutnya hanya erupa sentimen yang akan berangsur membaik seiring dengan kian stabilnya kondisi politik dalam negeri.

"Tapi mustinya setelah melihat bagaimana kejadiannya tidak akan banyak artinya," ujar Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini.

https://money.kompas.com/read/2019/05/22/111542726/menko-darmin-nilai-wajar-rupiah-dan-ihsg-tertekan-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke