Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Beli Koin Emas Dinar Bercorak Nusantara? Begini Cara Belinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Treasury, sebuah platform daring untuk beli, simpan, dan jual emas resmi meluncurkan koin emas seperti dinar bercorak kebudayaan Padang dan Lombok yang diberi nama Koin Nusantara.

Adapun koin emas 24 karat ini akan dicetak terbatas sebanyak 1.000 koin, sehingga pemiliknya bisa merasakan keekslusifan koin tersebut.

Bagi Anda yang berminat membeli, PR Manager Treasury Anang Samsudin mengatakan, Anda bisa membelinya dengan 2 cara, yaitu melalui website Treasury di Treasury.id ataupun menabungnya di aplikasi Treasury sampai besaran koin terkumpul untuk dicetak.

"Memesannya bisa melalui 2 cara, yaitu beli di website dan di aplikasi dengan mengetuk ikon "koin". Kalau pakai aplikasi nanti sistemnya ditabung sampai simpanan emas cukup untuk dicetak, minimal punya 0,5 gram. Karena mesin pencetak itu paling kecil 0,5 gram baru bisa cetak," kata Anang Samsudin di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

"Masyarakat bisa terus menambah simpanan emas mulai dari Rp 20.000 secara rutin," lanjutnya.

Namun kata Anang, bila memang Anda telah memiliki tabungan emas yang cukup di Treasury, Anda bisa langsung memesan untuk dicetak ke dalam bentuk koin emas.

Adapun, pencetakan untuk koin 1 dinar Padang memerlukan emas seberat 4,4 gram. Sementara untuk koin 0,5 dinar Lombok, memerlukan emas seberat 2,2 gram.

Setelah itu, penguna perlu membayar biaya cetak, pajak, dan ongkos kirim. Head of Brand Development Treasury Narantara Sitepu mengatakan, biaya cetak untuk emas 2,2 gram biasanya sebesar Rp 150.000 dan emas 4,4 gram seharga Rp 300.000.

"0,5 dinar itu biasanya Rp 150.000 dan 1 dinar Rp 300.000. Pajaknya kalau enggak punya NPWP 0,9 persen, kalau punya NPWP 0,45 persen. Kalau ongkos kirim tergantung pembelinya," kata Tara.

Anda bisa memesannya mulai hari ini dan Nantinya, emas yang telah dicetak akan dikirim kepada pemesan mulai tanggal 9 Agustus 2019.

https://money.kompas.com/read/2019/08/02/201100226/mau-beli-koin-emas-dinar-bercorak-nusantara-begini-cara-belinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke