Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengamat: Demonstrasi Berkepanjangan Jadi Sinyal Buruk untuk Investor

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi demonstrasi masih berlanjut yang dialamatkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terkait sejumlah Revisi Undang-undang (RUU).

Utamanya soal RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah disahkan beberapa waktu lalu.

Mencermati itu, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengungkapkan, demo yang berlangsung lama atau berkepanjangan akan berdampak negatif pada perekonomian Indonesia, termasuk investor dan pelaku ekonomi.

Oleh karena itu, dampak demonstrasi tidak boleh dipandang sebelah mata.

"Menurut saya memang demonstrasi sebaiknya tidak dibiarkan terus-menerus terjadi. (Ini) jelas akan jadi sinyal buruk untuk pelaku ekonomi," kata Yustinus kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Menurut dia, adanya aksi demonstrasi yang dilancarkan akan memberikan dampak bagi investor maupun calon investor yang akan menanamkan modal di Indonesia.

Mereka akan sangat selektif dan mempertimbangkan soal risiko ketika memutuskan untuk investasi di tengah gelombang demonstrasi.

"Calon investor akan mengkalkulasi ini sebagai bagian dari risiko," ungkapnya.

"Pelaku usaha juga akan kena dampak langsung berupa kenaikan biaya usaha karena demonstrasi, baik biaya logistik, sosial, dan lain-lain," tambahnya.

Dia memandang, unjuk rasa oleh mahasiswa dan pelajaran itu memang bagian dari hak setiap warga negara dalam menyuarakan pendapat.

Oleh karena itu, pemerintah sebaiknya melakukan upaya mitigasi supaya dampaknya tak meluas atau merembet.

"Tapi lebih baik dimitigasi, apa isunya, didialogkan, dikanalisasi. Seharusnya elite politik sadar akan hal ini," tambah dia.

Salah satu dampak terburuk dari demonstrasi tersebut adalah para calon investor akan menunda keputusan menanamkan modalnya ke Indonesia dan menunggu kondisi benar-benar aman. Yustinus pun berharap pemerintah cermat dan memperhatikan kondisi ini.

"Yang mau masuk memilih menunda sampai ada kepastian, yang mau menginjeksi modal bisa jadi juga pilih menunda. Sebagian bisa saja capital outflow, menarik modal kembali ke luar negeri," sebut dia.

https://money.kompas.com/read/2019/10/01/191800426/pengamat--demonstrasi-berkepanjangan-jadi-sinyal-buruk-untuk-investor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke