Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digitalisasi Pengelolaan SDM, BTN Hemat Rp 150 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan telah melakukan efisiensi sebesar Rp 150 miliar tahun ini.

Caranya dengan melakukan digitalisasi dalam pengelolaan SDM. Salah satunya dengan menerapkan e-learning kepada pegawai yang akan dipromosikan.

“Dengan e-learning kami bisa menghemat sekitar Rp 80 miliar, ini berhasil dari efisiensi biaya akomodasi dan tiket peserta learning. Ini jumlah yang cukup besar dan tentu berimbas kepada penurunan biaya operasional,” ujar Direktur Strategic Human Capital BTN Yossi Istanto dalam keterangannya, Selasa (15/10/2019).

Yossi mengatakan, dengan penghematan tersebut, BTN meningkatkan penghasilan pegawai meskipun kondisi keuangan perseroan sangat ketat.

Untuk itu, pengelolaan SDM akan terus mengimplementasikan sistem digital sehingga bisa berdampak positif terhadap kinerja perusahaan dan kesejahteraan pegawai.

"Inisiatif ini kami lakukan agar tercipta human capital yang handal dan mampu membawa BTN beradaptasi serta meningkatkan produktivitas usaha di era industri 4.0," jelasnya.

Yossi mengatakan, BTN telah banyak berbenah dalam mengelola pegawai atau SDM sebagai aset penting bagi perusahaan.

Adapun inovasi yang dilakukan mulai dari proses perekrutan pegawai hingga pengembangan karir untuk menjadi pemimpin perseroan.

“Era disrupsi membuat perusahaan harus berinovasi jika ingin tetap hidup. Proses bisnis dan produknya juga perlu dilakukan inovasi,” katanya.

Yossi mengungkapkan, era disrupsi memunculkan peluang dan tantangan baru yang membuat bisnis memerlukan transformasi di bidang digital. Transformasi ini harus didukung dengan peningkatan kompetensi SDM.

https://money.kompas.com/read/2019/10/15/193200126/digitalisasi-pengelolaan-sdm-btn-hemat-rp-150-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke