Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Ditutup Menguat ke Rp 14.105 Per Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada penutupan perdagangan di pasar spot hari ini, Rabu (4/12/2019), nilai tukar rupiah ditutup menguat.

Mengutip data Bloomberg, sore ini rupiah menguat ke level Rp 14.105 per dollar AS. Rupiah menguat 10 poin atau 0,07 persen dibanding pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya, yakni Rp 14.115 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut rupiah masih dipengaruhi oleh sentimen eksternal kesepakatan dagang AS dan China.

"Masih bergerak naik turun karena ekspektasi kesepakatan dagang. Setelah semalam Trump mengatakan kemungkinan kesepakatan bisa akan terjadi setelah pemilu 2020," kata Ariston kepada Kompas.com.

Selanjutnya, Ariston menyebut para negosiator sore ini menunggu rencana kesepakatan China dan AS. Namun belum dipastikan apakah kesepakatan dagang akan tercapai.

Sementara menunggu kesepakatan dengan China, Presiden AS Donald Trump malah kembali menyulut masalah dengan negara Brazil dan Argentina terkait impor besi dan baja yang akan dinaikkan tarif impornya.

"Kesepakatan fase 1 sudah dekat dan para negosiator sedang bernegosiasi mengenai jumlah tarif yang akan dihilangkan. Berita ini menguatkan rupiah melewati Rp 14.100 per dollar AS," jelas Ariston.

https://money.kompas.com/read/2019/12/04/175343426/rupiah-ditutup-menguat-ke-rp-14105-per-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke