Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Merapi Erupsi, Kemenhub: Rute dan Jadwal Penerbangan Masih Normal

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto membenarkan bahwa telah terjadi erupsi di Gunung Merapi.

Pihaknya pun sudah mengumpulkan berbagai informasi terkait dampak dari erupsi tersebut, seperti contoh abu vulkanik yang dapat mengganggu penerbangan.

"Gunung Merapi betul terjadi letusan. Ada abu vulkanik di daerah tertentu. Penerbangan aware terhadap hal itu," ujar dia.

Mantan Direktur Utama Airnav itu menambah, pihaknya sudah mengumpulkan data dari BMKG terkait area abu vulkanik di wilayah erupsi.

"Kami juga kumpulkan data dari pilot report kalau dia lewat situ ada abu di daerah mana saja. Kemudian lakukan tes di bandara menggunakan paper test untuk melihat apakah ada abu yang masuk ke bandara," tuturnya.

Berdasarkan data-data tersebut, Kemenhub memastikan bahwa penerbangan yang melintasi atau berada di sekitar Gunung Merapi masih aman.


Oleh karenanya, rute penerbangan yang melintasi kawasan tersebut masih terjadwal seperti biasa.

"Dari empat data tersebut, secara kenyataan sampai saat ini masih belum terdampak terhadap safety. (Penerbangan) masih normal, tetapi kita aware dan monitor ketat sebaran abu vulkaniknya," ucapnya.

Sebagai informasi, data BPPTKG Yogyakarta mencatat telah terjadi erupsi Gunung Merapi terekam di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 150 detik. Arah angin ke barat laut.

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada.

https://money.kompas.com/read/2020/02/13/123100526/gunung-merapi-erupsi-kemenhub--rute-dan-jadwal-penerbangan-masih-normal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke