Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kembali Melemah, IHSG Langsung Anjlok 3 Persen

Melansir data RTI, pukul 09.22 WIB, IHSG menyentuh level 4.539,62 atau merosot 151,02 poin dibanding penutupan Senin 4.690,65.

Sebanyak 50 saham melaju di zona hijau, 234 saham di zonq merah. Sedangkan 67 saham lainnya stagnan.

Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,17 triliun dengan volume 734,2 miliar saham.

Direktur Anugrah Mega Investama Hans Kwee menyebut, IHSG masih tertekan seiring dengan kebijakan di beberapa negara yang melakukan pembatasan wilayah dalam menghadapi Covid-19.

"Kalau kita lihat kemungkinan market hari ini akan mengalami tekanan karena pasar Eropa mengalami tekanan banyak," kata Hans Kwee kepada Kompas.com.

Hans mengatakan, pasar Eropa turun karena kekhawatiran shut down yang dilakukan pemerintah dalam melawan virus corona disana.

Seperti Spanyol yang mengumumkan shutdown karena angka masyarakat yanh terjangkit sudah tinggi. Kemudian  Perancis dan Jerman juga memutus sebagian besar ekonomi mereka untuk menahan supaya penyebaran virus corona bisa tertahan.


Sentimen negatif juga datang dari Amerika Serikat, yang mengalami tekanan dimana jumlah kasus virus corona di AS sudah mencapai 300 orang.

"Kasus di New York itu 300 an lebih . Wuhan waktu jumlah terjangkit 500 an orang melakukan shutdown ekonomi. Jadi pasar berspekulasi kalau New York akan shutdown ekonomi juga," sebutnya.

Menurut dia, kebijakan the Fed yang secara ekstrim memotong suku bunga 100 bps dan memberi stimulus 700 miliar dollar AS justru membuat pasar khawatir.

"Tapi pasar juga sedikit khawatir, jangan-jangan ada sesuatu yang darurat sehingg Fed harus memotong bunga setinggi itu. Melihat hal-hal itu sih agak berat bagi IHSG untuk bangkit," katanya.

https://money.kompas.com/read/2020/03/17/093843426/kembali-melemah-ihsg-langsung-anjlok-3-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke