Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Atasi Virus Corona, BCA Donasikan 4 Unit Ventilator ke RSPAD

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan donasi kepada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto berupa 4 unit alat ventilator dengan total donasi sebesar Rp 2,7 miliar.

Adapun penyerahan donasi ke RSPAD Gatot Soebroto dilakukan secara simbolis melalui sambungan konferensi video.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa donasi Bakti BCA berupa alat bantu pernapasan merupakan upaya BCA membantu penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

“Hari ini, secara simbolis melalui video conference kami telah melakukan serah terima donasi Bakti BCA berupa empat unit ventilator kepada RSPAD Gatot Soebroto. Tentunya ini merupakan wujud keseriusan kami dalam membantu upaya pemerintah dalam menyembuhkan pasien Covid-19,” ujar Jahja dalam keterangan tertulis, Senin (30/3/2020).

Alat bantuan pernafasan atau ventilator menjadi barang yang penting dalam membantu pernapasan pasien Covid-19.

Menurut Jurnal berjudul Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China, sebanyak lebih dari 5 persen penderita penyakit virus harus dimasukkan ke dalam ICU.

Lebih dari setengahnya harus dipasangkan ventilator karena mengalami Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS).

“Tentu saja kita semua berharap dengan adanya alat bantu ini dapat mempercepat penanganan dan pemulihan pasien Covid-19," katanya.

Lebih lanjut, Jahja mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar pandemi virus corona ini segera berlalu.Pun dia mengingatkan mata rantai penyebaran virus dapat terputus dengan melakukan pembatasan interaksi sosial serta bekerja dari rumah yang kini sudah diterapkan oleh BCA.

Sementara itu, Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen A Budi Sulistya mengungkapkan rasa terima kasih kepada BCA atas donasi yang diberikan.

“Kami bersyukur dan berterima kasih ditengah situasi sulit seperti ini, berbagai pihak salah satunya BCA ikut berupaya membantu kami dalam penanganan pasien Covid-19. Donasi berupa ventilator ini akan kami pergunakan sebagai alat bantu pernapasan para pasien,” ujar Budi.

https://money.kompas.com/read/2020/03/30/171200926/bantu-atasi-virus-corona-bca-donasikan-4-unit-ventilator-ke-rspad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke