Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Pagi Ini Menguat di Level Rp 16.206

Mengutip data Bloomberg pukul 09.04 WIB rupiah berada pada level Rp 16.205 per dollar AS atau menguat 44 poin (0,27 persen) dibandingkan penutupan Rabu pada level Rp 16.250 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan meskipun rupiah menguat, namun sentiment negatif akan terus membayangi pasar keuangan hari ini.

“Rupiah bisa dibuka menguat mengikuti sentimen positif pagi ini, tapi potensi pelemahan lanjutan masih terbuka,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Adapun sentimen positif datang dari penguatan pasar saham AS, di mana indeks Wall Street melambung sampai dengan 700 poin.

“Hal ini terjadi karena respon pasar terhadap pidato Trump yang optimis ekonomi AS bisa bangkit lagi setelah masa puncak wabah berlalu dan kemungkinan rilis stimulus tambahan pemerintah AS,” jelasnya.

Sementara itu, sentimen negatif datang dari angka penyebaran wabah virus corona secara global yang semakin meningkat. Apalagi saat ini kondisi masih belum bisa dikatakan telah mencapai puncaknya.

“Data-data ekonomi juga berpeluang menunjukkan hasil buruk akibat dampak wabah virus corona,” jelasnya

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada level Rp 16.150 per dollar AS sampai dengan Rp 16.350 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/04/09/093035526/rupiah-pagi-ini-menguat-di-level-rp-16206

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke