Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sederet Kursus Bahasa Inggris Bagi Ojol di Kartu Prakerja, Harganya Mulai Rp 500.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi ojek online (ojol) jadi profesi yang mendapatkan cukup perhatian di dalam program Kartu Prakerja. Di dalam pelatihan-pelatihan yang terdapat di Kartu Pekerja, bahkan terdapat kursus online yang diperuntukkan bagi mereka yang berprofesi sebagai driver ojol.

Di program kursus online Kartu Prakerja, terdapat 8 mitra penyelenggara pelatihan yang ditunjuk pemerintah antara lain Tokopedia, Ruangguru, Pintaria, Bukalapak, Sisnaker, MauBelajarApa, Pijar, dan SekolahMu.

Pelatihan-pelatihan online tersebut tentunya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan penunjang pekerjaan ojol selama bekerja. Berikut beberapa pelatihan online Kartu Prakerja yang disediakan bagi ojol:

Pintaria

Lembaga pelatihan ini menawarkan kursus untuk ojol berupa kurus Bahasa Inggris yang bisa dipelajari secara online. Kursus online bernama "English for Ojek Drivers" ini dihargai sebesar Rp 500.000 dengan durasi selama 4 jam.

Topik yang dibahas meliputi bagaimana menjelaskan dan mendengarkan lokasi dan arah, mendeskripsikan orang, menggambarkan penampilan orang, menerima pesanan makanan, dan melakukan obrolan ringan dengan tepat.

Kursus ini akan terdiri dari video yang dibuat oleh English Today khusus untuk pengendara ojol. Meterinya terdiri dari 7 modul pelajaran video dengan tes mini (online) menggunakan campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Tidak ada level minimum berbahasa Inggris untuk bisa mengikuti pelatihan Bahasa Inggris untuk ojol ini. Bagi yang sudah menyelesaikan pelatihan, ojol akan mendapatkan sertifikat penyelesaian (certificate of completion).

Ruangguru

Skill Academy yang dimiliki Ruangguru menyediakan pelatihan dalam bentuk paket untuk pengemudi ojol. Harga satu paketnya ditetapkan sebesar Rp 1 juta.

Dalam keterangannya, paket pelatihan Kartu Prakerja secara online tersebut bisa diselesaikan dalam satu hari saja yang terbagi menjadi 6 kelas.

"Pendapatan Anda sebagai ojol kurang? Dengan kelas-kelas singkat ini, Anda akan belajar keahlian-keahlian baru yang akan sangat bermanfaat! Insentif pun menanti di akhir kelas pertama," bunyi keterangan deskripsi paket pelatihan ojol tersebut, seperti dikutip pada Sabtu (18/4/2020).


Ditulis Skill Academy, harga paket pelatihan ojol tersebut diklaim senilai Rp 3.825.000. Namun, didiskon sebesar Rp 2.825.000, sehingga peserta yang daftar Kartu Prakerja bisa ikut dengan membayar Rp 1 juta.

Dengan membayar harga paket Rp 1 juta tersebut, peserta pelatihan online Kartu Prakerja akan menerima 6 materi, yaitu:

Pijar

Startup pelatihan online Pijar memberikan kursus singkat Bahasa Inggris bagi driver ojol. Harga yang harus dibayar yakni sebesar Rp 500.000 untuk mendapatkan kursus online bernama "Bahasa Inggris untuk Ojek Online".

Kursus akan dilaksanakan di aplikasi Pijar Mahir dalam bentuk pembelajaran online dan akan disediakan sertifikat di akhir kursus. Kursus ini terdiri dari 7 bab dan akan menjelaskan tentang 7 modul pelajaran video.

Kursus akan dilaksanakan di aplikasi Pijar Mahir dalam bentuk pembelajaran online dan akan disediakan sertifikat di akhir kursus.

Kursus ini terdiri dari 7 bab dan akan menjelaskan tentang 7 modul pelajaran video dengan tes mini (online) menggunakan campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Durasi kursus diperkirakan dapat diselesaikan selama 9 jam. Kursus dilaksanakan secara online. Pengajarnya yakni Guruku MrD dan Kiky.

https://money.kompas.com/read/2020/04/22/150737926/sederet-kursus-bahasa-inggris-bagi-ojol-di-kartu-prakerja-harganya-mulai-rp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke