Salin Artikel

Sudah Ada 8 Juta Orang Daftar Kartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, hingga saat ini sudah 8 juta orang yang mendaftar program Kartu Prakerja.

Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan ketika penutupan pendaftaran program Kartu Prakerja pada Kamis (16/4/2020) lalu.

"Sudah ada 8 juta lebih yang sudah mendaftar," ujar dia dalam konferensi video di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Namun demikian, Panji tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai jumlah peserta yang lolos untuk menerima manfaat program Kartu Prakerja di gelombang kedua.

Hanya saja, dia mengatakan, lebih dari setengah calon peserta Kartu Prakerja yang telah mendaftar sudah lolos tahap verifikasi dan bisa mengikuti gelombang pendafataran.

"Jadi memang proses pendaftaran secara bertahap tidak sulit karena sudah jutaan yang menyelesaikan," ujar dia.

Seperti diketehaui, hingga saat ini sudah ada 168.111 orang yang lolos untuk mendapatkan manfaat program Kartu Prakerja gelombang pertama.

Pemerintah pun telah menransfer dana untuk seluruh peserta yang lolos tersebut sebesar Rp 596,79 miliar. Masing-masing peserta mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta.

Secara lebih rinci, dana bantuan Rp 3,55 juta tersebut berupa bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif paska pelatihan Rp 2,4 juta yang akan diberikan selama empat bulan (masing-masing Rp 600.000), dan sisanya insentif usai mengisi survei pelatihan.

Untuk pelaksanaan program, pemerintah menggandeng delapan platform digital yaitu i Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan pelatihan.kemnaker.go.id.

Selain itu, pemerintah juga menggandeng mitra pembayaran, antara lain BNI, Ovo, LinkAja, dan Gopay.

https://money.kompas.com/read/2020/04/27/163500426/sudah-ada-8-juta-orang-daftar-kartu-prakerja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.