Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Kredit Bermasalah, 111 Anggota AFPI Sudah Melapor ke Fintech Data Center

Ketua Harian AFPI, Kuseryansyah mengatakan dengan menyampaikan data ke FDC, hal itu akan sangat membantu para penyelenggara Fintech Peer to Peer (P2P) Lending lainnya untuk mengantisipasi pinjaman bermasalah.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi khususnya kepada para anggota AFPI yang telah menyampaikan data hariannya ke FDC karena dapat mendeteksi dan mencegah calon nasabah melakukan peminjaman berlebih di banyak platform fintech P2P lending dalam waktu bersamaan, serta mengetahui profil risiko peminjam,” ujarnya dalam siaran resmi yang diterima Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Ia menambahkan saat ini FDC dikelola secara independen oleh AFPI untuk kepentingan para penyelenggara fintech lending yang legal tersebut.

Dengan semakin banyaknya penyelenggara fintech lending menyampaikan datanya ke FDC, maka kuantitas data yang dikelola oleh FDC menjadi semakin lengkap menggambarkan transaksi di industri fintech lending.

Berdasarkan data FDC, wabah Covid-19 ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran pinjaman baru melalui fintech lending.

Saat ini, terjadi penurunan jumlah pengecekan data FDC sebanyak 20 persen dibandingkan di saat sebelum Covid-19 mulai.

Sejak Januari 2020, total pengecekan data FDC sampai saat ini telah tercatat lebih dari 15 juta kali, dengan rata-rata sekitar 140.000 pengecekan data setiap harinya.

https://money.kompas.com/read/2020/04/27/213000626/antisipasi-kredit-bermasalah-111-anggota-afpi-sudah-melapor-ke-fintech-data

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke