Salin Artikel

Gelombang II, 288.154 Orang Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja

Pada Senin (27/3/2020) kemarin, pemerintah pun telah membuka pendaftaran untuk penerimaan peserta kartu prakerja gelombang ketiga.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, untuk gelombang kedua terdapat 288.154 orang yang lolos untuk menerima manfaat Kartu Prakerja. Jumlah tersebut meningkat 71 persen dari jumlah peserta gelombang I yang mencapai 168.111 orang.

"Untuk gelombang dua, 288.154 pendaftar mendapatkan Kartu Prakerja. Terjadi 71 persen peningkatan dibandingkan dengan gelombang satu. Ini hasil perbaikan dari pelaksanaan gelombang satu," ujar Panji kepada Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Panji pun mengatakan, jumlah peserta yang meningkat dibandingkan dengan gelombang pertama lantaran Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta agar bantuan Prakerja bisa segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Namun demikian, peningkatan jumlah kuota per minggu tersebut harus diringi dengan kapasitas operasional yang memadai agar tidak ada kendala secara teknis.

"Komite Cipta Kerja meminta agar kuota per minggu ditingkatkan agar lebih banyak masyarakat bisa lebih cepat mendapatkan bantuan," jelas Panji.

Sebelumnya Panji sempat mengatakan, saat ini sudah 8 juta orang yang mendaftar program Kartu Prakerja. Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan ketika penutupan pendaftaran program Kartu Prakerja pada Kamis (16/4/2020) lalu.

"Sudah ada 8 juta lebih yang sudah mendaftar," ujar dia dalam konferensi video di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program kartu Prakejra Denni Puspa Purbasari pun sempat mengatakan, untuk peserta yang tidak lolos mendapatkan Program kartu Prakerja bisa langsung mendaftar pada gelombang berikutnya tanpa perlu melakukan registrasi ulang.

Pasalnya, kegagalan peserta umumnya terjadi lantaran tidak lolos proses verifikasi akibat foto diri yang diunggah tidak sesuai dengan KTP

Calon peserta hanya perlu mengunggah ulang foto diri dan bergabung dengan gelombang berikutnya.

https://money.kompas.com/read/2020/04/28/160000526/gelombang-ii-288.154-orang-lolos-jadi-peserta-kartu-prakerja

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.