Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BRI Beri Pinjaman Bunga Ringan Bagi Mitra Gojek

Mitra Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari BRI akan mendapatkan fasilitas pinjaman mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 20 juta.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan pelaku UMKM seperti mitra Gojek.

“Kami memahami, fasilitas pinjaman bunga ringan ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Gojek,” kata Handayani melalui siaran media, Rabu (13/5/2020).

Handayani menambahkan, penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Gojek.

“Kami bekerjasama dengan Gojek agar seluruh mitra mengambil fasilitas ini dan memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Gojek,” kata dia.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 ini, mitra driver Gojek dan pengusaha UMKM kuliner merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjaga roda penggerak ekonomi lokal.

Maka dari itu, membantu mitra melewati masa sulit adalah salah satu prioritas utama Gojek saat ini.

“Situasi pandemi mempengaruhi pendapatan mitra GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman bunga ringan membantu meringankan beban keuangan mereka di masa sulit ini. Untuk merchant GoFood, fasilitas ini diharapkan mampu menjaga perputaran usaha mereka,” ujar dia.

Andre mengatakan dukungan Bank BRI memberikan fasilitas pinjaman yang khusus dirancang bagi mitra Gojek sangat membantu, khususnya agar arus kas pada masa sulit bisa kembali membaik.

Selain itu, Gojek juga tengah berdiskusi dengan pemerintah dan para pelaku industri lainnya mengenai perluasan upaya peringanan beban di sektor informal, termasuk penyaluran program KUR Pemerintah.

https://money.kompas.com/read/2020/05/13/145014726/bri-beri-pinjaman-bunga-ringan-bagi-mitra-gojek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke