Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Cara Janji Jiwa Survive di Tengah Pandemi Covid-19

Namun, Director Janji Jiwa Group William Sutanto mengatakan hal tersebut tidak terjadi di retail-retail milik Janji Jiwa Group.

Ia mengakui, perusahaanya mengalami penurunan jumlah omzet yang drastis akibat pandemi. Namun hal itu tidak membuat pihak manajemennya untuk melakukan pemecatan kepada para karyawannya.

"Baik di retail Kopi Janji Jiwa atau di Jiwa Toast yang menjual roti, kami tidak melakukan pemecatan terhadap karyawan kami, sama sekali. Tapi kami memiliki beberapa strategi yang kami lakukan untuk tetap survive atau bertahan hidup di tengah pandemi ini," ujarnya dalam bincang-bincang MarkPlus Industry Rountable sekor Ritel yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (9/6/2020).

Adapun strategi yang dilakukan yaitu mengeluarkan satu produk minuman kesehatan yang dibutuhkan di situasi pandemi seperti Wedang Jahe dan Ronde. Setelah resmi dilaunching, minuman ini diklaim disambut baik oleh masyarakat.

"Selain produk Wedang atau Ronde, kami juga mengeluarkan pembelian kopi yang kemasannya untuk 1 liter. Jadi untuk menu-menu yang hits seperti es kopi susu, coklat dan lainnya kami jual dalam bentuk kemasan 1 liter, banyak ternyata peminatnya dan ini juga yang membantu kami dari segi pendapatan atau omzet," katanya.

Kedua, lanjut dia, membuat berbagai macam merchandise Janji Jiwa Group yang dijual ke pelanggan. Seperti produk-produk aksesoris tas yang memiliki tulisan Kopi Janji Jiwa dan berbagai aksesoris pin.

"Ketiga, kami menggencarkan promo online. Seperti biasanya apabila ada beragam promo, biasanya perhatian masyarakat untuk membeli lebih meningkat dan ini bukan hanya ke pelanggan secara langsung saja tapi diskon-diskon ini juga berlaku untuk para mitra kami," jelasnya.

William juga menambahkan jauh sebelum ada pandemi Covid-19, Janji Jiwa Group juga sudah melakukan kolaborasi ke e-commerce seperti Tokopedia. Dari kolaborasi ini juga sangat membantu usaha ini untuk tetap bertahan.

"Untungnya dari kolaborasi kemarin seperti Tokopedia masih ada permintaan pemesanan, jadi ini sangat membantu kami juga," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/06/09/200300626/ini-cara-janji-jiwa-survive-di-tengah-pandemi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke