Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Debat dengan Dosen Senior UI, Luhut: Analisis yang Cukup Hebat...

Hal itu ia sampaikan setelah berdikusi terkait tantangan perekonomian Indonesia dengan Djamester di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Kamis (11/6/2020).

"Pak Djamester memberikan analisis yang cukup hebat tentang utang Indonesia,"  tulis Luhut di akun resmi Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Kamis.

Dalam diskusi itu, Luhut mengungkapkan terjadi perdebatan dengan Djamester. Namun mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus itu menilai hal itu sebagai hal yang biasa.

Ia justru mengaku senang bisa berdiskusi dengan dosen senior UI tersebut.

"Jika ada perdebatan di dalam teori itu hal yang lumrah. Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya di mana. Apalagi sampai harus menyiapkan promotor seperti ajang tinju saja," kata Luhut.

Bagi Luhut, tak ada yang menang dan kalah dalam adu argumentasi dengan Djamester. Justru dari diskusi itu, Luhut mengungapkan ada satu titik temu.


"Tetapi kami sepakat pada satu hal, semua boleh berbicara dan mengkritik Pemerintah asalkan menggunakan data yang dapat diuji bersama-sama," ucapnya.

Luhut berpesan kepada Djamester untuk tidak hanya sekali saja datang ke kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Ia memastikan, semua jajarannya terbuka mendengar dan menerima masukan dari semua pihak, termasuk dari Djamester.

"Saya berharap kita bisa melanjutkan dan terbiasa melakukan kebiasaan baik ini, berdiskusi, berdialektika, bermuntuk mencapai mufakat," kata dia.

Sebelumnya, Luhut membuka peluang bagi para pengkritik pemerintah agar bertatap muka langsung sekaligus berdiskusi mengenai perekonomian.

Kemenko Kemaritiman dan Investasi telah mengundang Rizal Ramli dan Djamester Simarmata untuk hadir diskusi.

Sayangnya, diskusi yang dilaksanakan olehnya Kamis pagi hanya dihadiri oleh Djamester. Sementara Rizal Ramli ketika dikonfirmasi sudah menyatakan ketidakhadirannya menilai undangannya sepihak.

https://money.kompas.com/read/2020/06/11/205211526/debat-dengan-dosen-senior-ui-luhut-analisis-yang-cukup-hebat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke