Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Pagi Ini Dibuka Melemah

Mengutip data Bloomberg pukul 09.13 WIB rupiah berada pada level Rp 14.295 per dollar AS atau melemah 12 poin (0,09 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.283 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan walaupun dibuka melemah, hari ini rupiah berpotensi menguat terdorong oleh rilis data tenaga kerja AS dan data indeks aktivitas manufaktur bulan Juni yang menunjukkan hasil positif.

Hal ini tentunya memberikan sentimen positif kepada aset berisiko karena data menunjukkan pemulihan ekonomi di tengah pembukaan kembali aktivitas ekonomi meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Rupiah mungkin bisa menguat tipis hari ini. Pagi ini sejumlah aset berisiko Asia seperti indeks saham dan nilai tukar emerging markets terlihat menguat,” kata Ariston kepda Kompas.com.

Disisi lain, pasar juga mendapat kabar baik dari kemajuan penemuan vaksin oleh perusahaan farmasi Pfizer.

Walau demikian, Ariston menyebut pasar masih khawatir terkait dengan sentimen negatif yang masih membayangi pasar dengan peningkatan kasus Covid-19.

Sentimen negatif juga muncul setelah persetujuan undang-undang pemberian sanksi kepada perbankan AS yang berbisnis dengan pejabat China. Hal ini menyusul mulai diterapkannya undang-undang keamanan Hongkong.

“Ini artinya undang-undang ini terkait sanksi ini, sudah disetujui oleh dua partai yang saling beroposisi di AS. Adapun undang-undang sanksi ini dikhawatirkan akan merembet ke urusan dagang kedua negara, AS dan China,” tegas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.150 per dollar AS sampai dengan Rp 14.330 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/07/02/104551926/rupiah-pagi-ini-dibuka-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke