Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akumindo: Suka Tidak Suka, UMKM Harus Masuk ke Dunia Digital

Dia menyebut, pemasaran melalui digital sangat membantu, terutama saat pandemi virus corona (Covid-19).

"Jadi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau teman-teman UMKM harus masuk ke dunia digital atau dunia online," katanya dalam webinar daring 1001 Cara UMKM Menjadi Juara, Senin (26/10/2020).

Meski demikian, asosiasi tetap menyarankan agar UMKM melakukan kombinasi penjualan konvensional dengan online.

"Karena tetap manusia Indonesia ini atau kita-kita ini butuh yang namanya bersosial atau ketemu. Walaupun punya (toko) kecil tetapi juga ada tersedia yang namanya online-nya," ujarnya.

Selain itu, dia berharap pemerintah membantu menyerap serta mempromosikan produk-produk UMKM. Sebagai contoh penggunaan pakaian batik dan pernak pernik buatan UMKM.

Ikhsan mengusulkan agar pemerintah lebih sering mengenakan pakaian batik buatan UMKM. Tak hanya satu kali dalam sepekan pemakaiannya.

"Memang masih tetap dibutuhkan kebijakan dari pemerintahan untuk pemberdayaan. Kenapa enggak pemerintah saat ini untuk menolong atau memberdayakan UMKM menggunakan batik itu dua atau tiga kali dalam satu minggu misalnya. Nah bagi perempuan atau wanita, menggunakan pernak-pernik dari Indonesia," katanya.

Dengan demikian, lanjut Ikhsan, penyerapan produk-produk UMKM oleh pemerintah akan mendorong seluas-luasnya atau meningkatkan penjualan omset pelaku UMKM.

"Kami dari asosiasi akan meninjau, mengevaluasi, memberikan masukan kepada pemerintah untuk bagaimana caranya peningkatan penyerapan pasar bagi produk-produk unggulan misalnya batik ini," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2020/10/26/190500526/akumindo--suka-tidak-suka-umkm-harus-masuk-ke-dunia-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke