Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi Desember 2020 untuk Aktivitas Ekspor dan Impor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah memfinalisasi pembangunan tahap I.1 Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Rencananya, pelabuhan tersebut sudah dapat beroperasi pada Desember 2020.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, di penghujung tahun, Pelabuhan Patimban sudah dapat memfasilitasi ekspor, impor, dan distribusi peti kemas dan juga kendaraan roda empat atau mobil.

"Secara umum bahwa saat ini Patimban akan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang Insya Allah Desember bisa kita gunakan," kata Budi dalam sebuah diskusi virtual, Senin (16/11/2020).

Budi menjelaskan, pada tahap I.1, Pelabuhan Patimban sudah dapat mengoperasikan terminal peti kemas seluas 35 hektare (ha), yang mampu menampung 250.000 Twenty-foot Equivalent Unit (TEUs) peti kemas.

"Dan untuk kendaraan seluas 25 hektare dengan kapasitas mobil sebanyak 218.000 CBU (Compeletely Bulit Up)," ujar dia.

Mantan Direktur Utaman PT Angkasa Pura II (Persero) itu menyebutkan, pada Desember mendatang, Pelabuhan Patimban baru akan dioperasikan untuk melayani pengiriman mobil.

"Harapannya adalah bulan Desember, kita akan gunakan pertama kali untuk halte terminal yang bisa dilakukan pengangkutan ekspor-impor mobil dan juga distribusi mobil ke seluruh Indonesia," ujar Budi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo menjelaskan, saat ini Kemenhub tengah merampungkan proyek yang telah digarap sejak 2018 itu.

"Insya Allah pada bulan Desember akan diadakan soft launching yaitu untuk terminal kendaraan dermaga sudah siap sepanjang 350 meter," ucap Agus.

https://money.kompas.com/read/2020/11/16/151130626/pelabuhan-patimban-ditargetkan-beroperasi-desember-2020-untuk-aktivitas-ekspor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke