Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Gunung Ruang Turun, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi Normal

Kompas.com - 22/04/2024, 21:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado kembali dibuka dan beroperasi normal mulai Senin (22/4/2024) pukul 12.00 WITA.

Sebagai informasi, bandara ini ditutup sementara sejak Rabu (17/4/2024) akibat terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Ruang, Sulawesi Utara.

Masa penutupan sementara bandara sempat beberapa kali diperpanjang karena kondisi belum memungkinkan untuk dilakukan penerbangan.

Baca juga: Bandara Panua Pohuwato Bakal Diresmikan Jokowi, Menhub: Potensi Kembangkan Pariwisata

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suryoko mengatakan, operasional Bandara Sam Ratulangi kembali dibuka berdasarkan informasi Notice to Airmen (NOTAM) nomor A1054/24 NOTAMC A1041/24.

"Alhamdulillah, Bandara Sam Ratulangi sudah kembali normal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/4/2024).

Ambar mengungkapkan, bandara kembali dibuka karena hasil paper test menunjukkan negatif Volcanic Ash (VA). Artinya, sebaran abu vukanik di sekitar Bandara Sam Ratulangi negatif.

Selain itu, tingkat aktivitas Gunung Ruang juga sudah menurun ke Level III.

Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan memonitor secara intensif perkembangan terkini Gunung Ruang dengan melibatkan AirNav Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), hingga penyelenggara bandara.

"Kami akan terus mengupdate perkembangan terkini erupsi Gunung Ruang dan selalu berkoordinasi intensif dengan stakeholder penerbangan khususnya terkait pelayanan penumpang oleh Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU)," ucapnya.

Dalam penanganan keadaan force majeure ini, dia memastikan, kebijakan yang diambil ialah demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

"Kita tetap harus waspada terhadap dampak dari abu vulkanik dan semoga masyarakat bisa memaklumi jika operasional bandara terjadi buka tutup karena menyesuaikan kondisi terkini," tuturnya.

Baca juga: AirNav Bantah Ada Pesawat Jatuh di Perairan Bengga Nagekeo NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com