Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia, Manfaatkan Berbagai Program

Misalnya saja lewat program Tokopedia Nyam sebagai salah satu usaha untuk membantu para pegiat usaha lokal makanan dan minuman kembali bergeliat selama pandemi Covid-19.

AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap mengatakan, melalui program ini para pegiat usaha lokal makanan dan minuman akan dibantu untuk dipertemukan dengan para pembelinya.

"Kita tahu selama mewabahnya pandemi Covid-19 UMKM atau pegiat lokal kita sangat berdampak. Namun disatu sisi, pengguna digital itu meningkat drastis bahkan transaksi belanja di masyarakat juga sudah bergeser dengan memanfaatkan platform digital. Dari sanalah kami berinisiatif untuk membuat kampanye ini," ujarnya dalam interview khusus bersama Kompas.com secara virtual, Selasa (9/2/2021).

Menurut dia, ada beragam manfaat yang akan didapatkan oleh para seller atau para pegiat lokal jika bergabung ke dalam program ini.

Pertama, usaha para pelaku UMKM atau pegiat usaha lokal akan mendapatkan kesempatan untuk di-highlight produknya selama program berlangsung. Hal ini bisa membuat penjualan meningkat.

Kedua, para pegiat lokal juga berkesempatan untuk memperoleh logo ekslusif Terbukti Nyam pada produk yang dijual. Logo ini pun dinilai bisa ikut menambah nilai jual produk, sehingga ketika para konsumen melihat produk tersebut, ada rasa ketertarikan untuk membelinya.

Sementara untuk bergabung ke kampanye ini, dijelaskan dia, pelaku UMKM atau pegiat lokal harus sudah mendaftar terlebih dahulu menjadi Tokopedia seller.

Setelahnya, pelaku UMKM bisa masuk ke halaman Tokopedia Nyam dan pada bagian bawah halaman akan ada banner yang bisa diklik apabila ingin bergabung dalam program.

"Tinggal klik banner-nya dan isi formulirnya. Setelah registrasi berhasil, pelaku UMKM tersebut pun berhasil masuk dan bergabung ke dalam kampanye Tokopedia Nyam," kata dia.

Pada saat melakukan pendaftaran pun, ditambahkan dia, tim Tokopedia akan melakukan verifikasi untuk mencek apakah produk yang dijual sesuai dengan yang disampaikan ke konsumen.

Selain itu pula, ketersediaan akan produk juga akan dicek untuk memastikan produk yang dijual benar-benar ada sehingga para konsumen tidak merasa kecewa.

"Enggak lucu aja kan, mau ikut kampanye tapi malah produknya yang enggak ada. Makanya kita juga harus cek ketersediaannya," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/02/10/103100326/cara-meningkatkan-penjualan-di-tokopedia-manfaatkan-berbagai-program-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke