Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UMKM Mau Ikut Program Ekspor Shopee? Simak Caranya

Melalui program ini, para seller bisa menjual produknya ke luar negeri dan memperluas bisnisnya dengan cara yang mudah tanpa dikenakan biaya apapun.

Lalu, bagaimana cara mengikuti program Ekspor Shopee?

Mengutip dari laman Shopee.co.id, Kamis (25/2/2021), program ini hanya bisa diikuti oleh para seller terpilih. Jika toko seller memenuhi kriteria, akan mendapatkan notifikasi bahwa toko seller telah bergabung dalam program tersebut.

Selain itu, seller terpilih juga dapat melakukan pendaftaran pada menu Upgrade Toko di halaman Toko Saya di aplikasi.

Adapun kriteria yang harus dimiliki ketika ingin mengikuti program ini adalah toko harus memiliki minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 1 produk, toko berstatus aktif dan menerima pesanan dalam 7 hari terakhir, toko memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3 poin, dan toko menjual produk yang tidak termasuk dalam daftar produk yang dikarang untuk dijual di luar negeri.

Selain itu, syarat lainnya adalah untuk penjual kategori kesehatan dan perawatan harus memiliki lisensi BPOM untuk produk yang dijual, tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, dan toko harus mengaktifkan jasa kirim JNE Regular (Cashless), J&T Express, SiCepat Reguler, dan ID Express.

Hingga saat ini, pesanan dari program Ekspor Shopee berasal dari Singapura, Malaysia, dan Filipina.


Sementara itu untuk produk-produk yang dilarang untuk dijual ke luar negeri dalam program ini adalah furniture, bibit tanaman, mahluk hidup, vaporizer dan aksesorisnya, senjata dan aksesorisnya, kosmetik bekas, makanan baku, lensa kontak, minuman beralkohol dan banyak lainnya.

Dalam program ini seller tidak mengeluarkan biaya apapun. Sebab, ongkos kirim akan ditanggung oleh pembeli sehingga seller hanya perlu mengirim pesanan ke gudang Shopee.

Di sisi lain, untuk pengaturan harga produk dalam program ini, tim Shopee akan menyesuaikan harga yang muncul di toko seller yang berada di luar negeri, dengan mata uang di negara tersebut, termasuk ongkos kirim dan biaya lainnya.

https://money.kompas.com/read/2021/02/25/143900326/umkm-mau-ikut-program-ekspor-shopee-simak-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke