Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Terminal Baru, Kini Bandara Kuabang Bisa Tampung 160.000 Penumpang per Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Kuabang yang terletak di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Dengan adanya pengembangan terminal menjadi seluas 3.500 meter persegi (m2), kini Bandara Kuabang dapat melayani hingga 160.000 penumpang per tahunnya.

Adanya pertambahan kapasitas tersebut diharapkan Jokowi dapat memunculkan titik-titik ekonomi baru di sekitar Bandara Kuabang.

“Alhamdulillah terminal penumpang di Bandara Kuabang telah siap digunakan untuk aktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya,” ujar Jokowi, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, dengan adanya terminal baru itu, Jokowi juga meminta agar penerbangan reguler di Bandara Kuabang dapat diaktfikan kembali secara bertahap minimal 2 kali penerbangan dari dan ke Bandara Kuabang dalam kurun waktu seminggu.

“Saya minta pak Menhub (menteri perhubungan) dan Dirjen Perhubungan Udara untuk mengusahakan secara bertahap 2 kali penerbangan menuju ke sini. Kalau keadaan sudah normal baru bisa paling tidak 3 kali,” tutur dia.

Merespon hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku tengah melakukan koordinasi dengan pihak maskapai untuk mengadakan penerbangan regular dari dan ke Bandara Kuabang.

Menurut Menhub, keberadaan Bandara Kuabang sangat penting, karena dapat meningkatkan konektivitas dan mempermudah aksesibilitas masyarakat di Provinsi Maluku Utara dan sekitarnya.

“Dengan anggaran lebih dari Rp 300 miliar dan panjang runway 2.400 m, cukup panjang dan sangat memadai untuk meningkatkan konektivtias, pariwisata, dan kegiatan ekonomi di Maluku Utara,” ucap Budi Karya.

https://money.kompas.com/read/2021/03/24/133516526/ada-terminal-baru-kini-bandara-kuabang-bisa-tampung-160000-penumpang-per-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke