Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemendag Akui Tak Mudah Capai Target Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021

Menurut dia, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, konsumsi rumah tangga harus di atas 5 persen. Selain itu, ekspor juga harus digenjot lebih dari 2 persen, dan impor tetap tumbuh namun ditahan pada level 2 persen.

“Target pertumbuhan ekonomi di kuartal II adalah 7 persen, ini merupakan tantangan berat, karena serapanya masih sedikit sekali,” ungkap Oke secara virtual, Senin (31/5/2021).

Oke mengatakan konsumsi rumah tangga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi 56,4 persen.

Dia bilang, untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga, perdagangan domestik harus berjalan. Ia berharap akan lebih baik lagi jika terjadi peningkatan penjualan produk lokal, utamanya produk UMKM.

“Konsumsi rumah tangga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi hampir 60 persen, artinya perdagangan domestik harus jalan, dan jika konsumsi rumah tangga ini diwarnai dengan produk lokal, akan sangat bagus sekali karena sekaligus menggerakkan dan mengoptimalkan produk lokal,” ujar dia.

Oke menilai untuk meningkatkan potensi UMKM terhadap konsumsi rumah tangga, butuh peran pemerintah dalam mengoptimalkan produk dalam negeri.

Adapun beberapa strategi yang bisa dilakukan, pertama adalah dengan membangun kemudahan berusaha bagi siapapun, temasuk UMKM.

“Pada dasarnya harus di bangun kemudahan berusaha, khusus bagi UMKM pemerintah harus memberi jaminan dalam rangka kemudahan berusaha, mulai dari lapangan usaha yang terbuka, dan regulasinya,” kata dia.

Setelah lapangan usahanya dijamin pemerintah, hal selanjutnya adalah akses pasarnya. Menurut Oke, akses pasar terhadap UMKM tidak kalah penting, seperti melalui promosi, kerja sama, atau rencana membuat pusat perdagangan untuk UMKM.

“Jadi kita harus kreatif dan inovatif memastikan lapangan usaha, akses pasar, dan memfasilitasi UMKM. Selanjutnya membangun budaya bangsa agar cinta terhadap produk dalam negeri. Banyak negara maju yang mencintai produk dalam negerinya dulu. setelah mengusai pasar dalam negeri, barulah merambah ekspor,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/05/31/165914526/kemendag-akui-tak-mudah-capai-target-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-ii-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke