Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Minta Masukan Penanganan Pandemi Covid-19 dari Ekonom, Dokter, hingga Mahasiswa

Pihak-pihak yang diundang yaitu Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FGDB), Ikatan Dokter Indonesia, pengamat ekonomi, hingga perwakilan himpunan mahasiswa.

Dalam pertemuan itu didiskusikan mengenai upaya yang sudah dan yang akan dilakukan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Luhut mengatakan, pertemuan dilakukan memang untuk memberikan informasi mengenai strategi pemerintah menangani pandemi, di samping pula meminta masukan dan saran yang solutif dari berbagai ahli agar pemerintah bisa mengambil kebijakan sebaik mungkin.

"Saya minta masukan untuk menghadapi keadaan kita mengenai kasus Covid-19 ini, lebih khusus lagi varian delta ini. Peran bapak ibu kami perlukan untuk membantu apa saja yang sudah dikerjakan pemerintah untuk mengendalikan pandemi," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu menyatakan pihaknya telah menyusun dan membuat formula pengendalian pandemi covid-19 di Indonesia. Secara umum ada tiga aspek, yaitu mengurangi potensi penularan, mengurangi durasi kontak, dan melakukan vaksinasi.

Adapun pengurangan potensi penularan dilakukan dengan menerapkan 3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun, serta 3T atau testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (pengobatan).

Menurut Luhut, pembukaan aktivitas ekonomi akan tergantung pada pencapaian vaksinasi, serta implementasi dari 3T dan 3M. Oleh sebab itu, ia meminta untuk pada Agustus ini harus dimanfaatkan dengan baik dalam hal meningkatkan cakupan tiga aspek tersebut.

"Setiap Pangdam, Kapolda, menulis capaian tracing dari tiap-tiap daerah, sehingga kita dapat memprediksi kapan target kita 1:10 bisa segera tercapai. Pemda saya juga minta bantuannya untuk ikut memantau tracing ini, semua harus kompak. Semua laporan menggunakan bahasa yang sama agar kita bisa mengejar target dengan baik," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah masukan pun diberikan oleh para ahli maupun pihak mahasiswa. Mulai dari ekonom senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI Leon Alvinda Putra, Ketua PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Raihan Ariatama, hingga Prof Widodo dari Universitas Islam Indonesia (UII).

https://money.kompas.com/read/2021/08/04/104745826/luhut-minta-masukan-penanganan-pandemi-covid-19-dari-ekonom-dokter-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke