Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Apa itu Manajer Investasi dan Tugasnya

Dikutip dari buku Seri Literasi Keuangan Pasar Modal yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dijelaskan, manajer investasi atau investment manager adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk kepentingan nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk kepentingan sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penjelasan mengenai definisi manajer investasi tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.04/2018 Tentang Penerapan Tata Kelola Manajer Investasi.

Nah, produk investasi yang umumnya menggunakan manajer investasi yakni reksa dana dan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA).

Dengan adanya manajer investasi, maka investor yang sibuk dan tidak memiliki waktu uang untuk belajar investasi tidak perlu khawatir dalam mengelola dana mereka.

Untuk lebih jelasnya, bila Anda berinvestasi di reksa dana, Anda menyetorkan sejumlah dana pada perusahaan manajer investasi bersama dengan dana nasabah lain.

Manajemen investasilah yang akan mengelola dan menempatkan dana tersebut pada instrumen-instrumen investasi sesuai dengan permintaan investor.

Nantinya, manajer investasi bisa saha melepas atau membeli saham, obligasi, atau instrumen investasi lain dengan dana investor.

Beberapa tugas manajer investasi adalah sebagai berikut:


Daftar Manajer Investasi

Saat ini, ada 97 manajer investasi yang terdaftar di OJK. Legalitas adalah salah satu pertimbangan seseorang untuk memilih manajer investasi.

Selain itu, total dana kelolaan juga bisa menjadi pertimbangan lain bagi investor untuk memilih manajer investasi.

Berikut daftar manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar pada semester I-2021:

https://money.kompas.com/read/2021/08/17/200000426/mengenal-apa-itu-manajer-investasi-dan-tugasnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke