Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Pemerintah Uji Coba WFO 100 Persen | Aturan Mengikuti SKD CPNS 2021

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan selama dua pekan uji coba penerapan protokol kesehatan Covid-19 di seluruh industri esensial, sebelum diterapkannya bekerja di pabrik atau kantor (WFO) 100 persen.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita berharap, apabila dalam dua minggu pada uji coba ini berhasil diterapkan dengan baik, pemerintah akan membuka kesempatan bagi seluruh sektor industri esensial bisa bekerja kembali 100 persen.

"Namun, dengan catatan minimal dua shift dan mengimplementasikan aplikasi Peduli Lindungi," ujar Agus saat melakukan kunjungan ke beberapa industri esensial, dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (22/8/2021).

Selama dua minggu tersebut, lanjut Menperin, pihaknya akan terus melakukan monitoring dan evaluasi dalam upaya penerapan uji coba di sektor industri esensial.

Selengkapnya simak di sini

2. Simak Aturan Mengikuti SKD, Termasuk Peserta CASN yang Positif Covid-19

Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) meliputi CPNS dan PPPK akan memasuki tahap pelaksanaan seleksi kompetisi dasar (SKD) usai seluruh instansi yang membuka rekrutmen melakukan jawaban sanggahan.

Untuk pelaksanaan SKD, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menantikan izin serta persetujuan dari tim Satuan Petugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19.

Sebelumnya, tes SKD dijadwalkan pada 25 Agustus.

Kendati demikian, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN Bima Haria Wibisana menargetkan seluruh rangkaian seleksi CASN selesai paling lambat 15 Desember 2021.

Baca rinciannya di sini

3. Harga Mata Uang Kripto Sepekan, Ada yang Melesat 139,70 Persen

Harga mata uang kripto sedang menunjukkan tren menguat dalam dua pekan terakhir. Harga bitcoin misalnya, pekan ini hampir menyentuh level 50.000 dollar AS per keping, tepatnya di 49.094 dollar AS per keping atau Rp 706,95 juta pada Minggu (22/8/2021) siang.

Angka tersebut menguat 0,66 persen bila dibandingkan dengan waktu perdagangan periode yang sama 24 jam yang lalu.

Sementara, dalam sepekan terakhir, harga bitcoin menguat 5,47 persen.

Untuk pertama kalinya, harga bitcoin menyentuh level Rp 700 juta setelah pada Juli lalu sempat terperosok hampir menyentuh angka Rp 430 juta.

Nah uang kripto apa yang paling tingg lonjakannya? Simak di sini

4. Rupiah Diramal Melemah Pekan Depan, Dibayangi Penguatan Dollar AS dan Kasus Covid-19

Kurs rupiah diproyeksi masih berpeluang melemah pada perdagangan pekan depan. Maklum, dolar Amerika Serikat (AS) diramal masih akan menjadi incaran pasar.

Rupiah melemah 0,35 persen dan ditutup di level Rp 14.453 per dollar AS pada akhir perdagangan Jumat (20/8/2021). Dalam sepekan, rupiah terkoreksi 0,45 persen. Pelemahan rupiah ini diyakini masih akan berlanjut pada pekan depan.

Dikutip dari Kontan.co.id, Analis Monex Investindo Futures Faisyal menjelaskan, untuk pekan depan, secara umum rupiah masih akan berpotensi kembali melemah.

Apa faktornya? Baca di sini

5. Cara Bayar Pajak Motor Online, Cukup dari Handphone

Bayar pajak motor online atau bayar pajak kendaraan online memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan, sehingga tak perlu datang ke kantor Samsat setempat.

Lalu bagaimana prosedur cara bayar pajak motor online dan tarif yang berlaku?

Aplikasi yang bisa digunakan untuk bayar pajak motor online adalah Samsat Online Nasional (Salmonas). Aplikasi ini dibuat oleh Tim Pembina Samsat Nasional sesuai peraturan perundang-undangan Indonesia.

Selain pajak tahunan, aplikasi ini juga dipakai untuk pembayaran PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2021/08/23/053900026/-populer-money-pemerintah-uji-coba-wfo-100-persen-aturan-mengikuti-skd-cpns

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke