Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Erick Thohir Cek Ketersediaan Obat Terapi Covid-19...

Kunjungan Erick tersebut sekaligus dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang diperingati setiap 4 September.

Saat mengecek ketersediaan obat, Erick sempat melayani Fikri, masyarakat yang akan membeli obat terapi Covid-19. Erick bersama pegawai Kimia Farma dengan teliti mencari obat tersebut.

"Susah juga ya cari obat-obat yang dicari," kata Erick kepada pegawai farmasi Kimia Farma di hadapan pelanggan itu.

Usai menemukan obat-obatan tersebut, Erick langsung memberikannya kepada Fikri. Awalnya Fikri tak menyadari jika orang yang melayaninya adalah Erick Thohir. Namun setelah beberapa saat, ia pun sadar dan meminta berfoto dengan Erick Thohir.

Erick lantas menjelaskan bahwa pemerintah memiliki program pembebasan biaya obat-obatan Covid-19 yang terdiri dari tujuh jenis bagi masyarakat yang terkena Covid-19.

Obat gratis tersebut bisa didapatkan melalui telemedicine atau platform yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yaitu Halodoc, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, YesDOk, dan Getwell.

Usai memberikan penjelasan, Erick menggratiskan obat terapi Covid-19 yang dibeli Fikri di Kimia Farma.

Selain melihat ketersediaan tujuh jenis obat Covid-19 yaitu Azithromycin, Favipiravir, Immunoglobulin, Ivermectin, Oseltamivir, Remdesivir, dan Tocilizumab, Erick juga memeriksa kecocokan data obat-obat tersebut dengan data yang terdapat di aplikasi Farmaplus atau situs https://farmaplus.kemkes.go.id/.

Erick juga sempat menemui para pengemudi ojek online (ojol) di seberang Apotek Kimia Farma Maharaja. Ia berbincang pengemudi ojol yang berjumlah 5 orang.

Ia juga membagikan vitamin gratis kepada para pengemudi ojol sekaligus mentraktir minum dan makan.


Di depan Erick Thohir, salah satu pengemudi ojol menceritakan keluh kesah soal sulitnya mencari vitamin yang dipesan oleh customer-nya yakni vitamin B Complex dan vitamin B12 Complex.

"Kemarin saya cari vitamin B Complex B12, banyak apotek bilangnya tidak menyediakan. Di Kimia Farma sini (Kimia Farma Maharaja) sama, di tempat lain saya cari enggak ada Pak," ujar pengemudi ojol tersebut.

Mendengar keluh kesah tersebut, Erick mengatakan bahwa pemerintah akan berupaya memastikan ketersediaan vitamin di apotek-apotek.

Erick menuturkan, ketersediaan vitamn dan obat-obatan untuk terapi Covid-19 memang kerap sulit dicari saat kasus Covid-19 melonjak.

"Ada waktu kemarin lagi naik (obat-obatan Covid-19) sulit dicari. Nanti saya cek," kata dia..

Erick berpesan kepada direksi Kimia Farma, apoteker, dan petugas apotek untuk selalu memastikan ketersediaan obat atau vitamin yang dibutuhkan masyarakat. 

"Jangan sampai lengah. Di saat pandemi naik, obat tidak ada, dan ketika pandemi turun, obat juga tidak ada. Jangan sampai seperti itu. Dan hari ini, saya lihat kondisi bagus, pelayanan juga baik, dan ketelitian dalam memeriksa resep dokter juga bagus," ucap Erick.

https://money.kompas.com/read/2021/09/05/115929126/saat-erick-thohir-cek-ketersediaan-obat-terapi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke