Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

AirAsia Pesan 362 Pesawat A321neo, Tony Fernandes: Kami Siap Kembali Lebih Kuat

Jumlah tersebut termasuk pesanan 13 pesawat A320 yang baru saja dikonversi menjadi A321neo, sebagaimana poin restrukturisasi kontrak pemesanan pesawat AirAsia dan Airbus.

Sebanyak 362 pesawat A321neo yang dipesan AirAsia ini akan dialokasikan kepada maskapai-maskapai di dalam AirAsia Group sesuai permintaan hingga 2035, sebagaimana kesepakatan antara AirAsia dan Airbus.

AirAsia sendiri telah menerima A321neo pertamanya pada November 2019 dan saat ini memiliki total 4 armada A321neo yang beroperasi.

Saat ini, AirAsia memiliki armada yang berjumlah total 211 pesawat yang terdiri dari 169 pesawat A320, 38 pesawat A320neo dan 4 pesawat A321neo.

Armada A321neo AirAsia nantinya akan menggantikan armada A320 yang lebih tua dan akan memberikan manfaat yang berkelanjutan secara signifikan.

Melalui restrukturisasi ini, AirAsia ingin mentransformasi jenis armada pesawatnya saat ini, yang mayoritas adalah A320 menjadi A321neo yang berkapasitas lebih besar dan lebih hemat bahan bakar.

CEO AirAsia Group Tony Fernandes menyebut, amendemen pesanan pesawat ini terkait dengan adanya pelonggaran pembatasan perjalanan secara bertahap dan dimulainya kembali aktivitas kargo dan pengiriman di semua pasar utama AirAsia.

“Kami perlu memastikan bahwa armada kami telah hemat biaya dan bahan bakar untuk mengoptimalkan operasi maskapai serta usaha logistik kami, Teleport,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (6/10/2021).

Dia bilang, Teleport mengalami pertumbuhan yang signifikan sejalan dengan permintaan yang luar biasa untuk layanan angkutan udara dan kargo, seperti pada kinerja pra-pandemi dan bahkan tumbuh lebih cepat dari sebelumnya.

“Kami memperluas kemampuan pengiriman dan kargo digital Teleport untuk mempersiapkan ekspansi regional yang kuat segera setelah pembatasan perjalanan dilonggarkan dan perbatasan internasional kembali dibuka,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa selama masa sepinya penerbangan sebelum ini, AirAsia telah bertransformasi dari hanya sebagai merek maskapai menjadi platform digital perjalanan dan gaya hidup satu pintu, melayani lebih dari sekadar perjalanan udara.

“Dengan volume penumpang kami yang besar, peningkatan permintaan perjalanan di masa mendatang akan memberikan dorongan tambahan terhadap airasia Super App, serta layanan fintech dan pembayaran digital kami, BigPay,” ungkap Tony Fernandes.

Dia juga menegaskan bahwa layanan Super App, Teleport, dan BigPay sama pentingnya untuk melengkapi ekosistem AirAsia Group.

“Mereka bekerja bersama-sama secara simbiosis, untuk memenuhi permintaan yang meningkat di industri e-commerce dan distribusi,” tuturnya.

Mulai dari e-money dan pengiriman uang antar negara hingga asuransi mikro dan penganggaran, menurutnya BigPay telah berhasil menyediakan berbagai produk keuangan teregulasi untuk menjadi solusi satu atap untuk kebutuhan keuangan pelanggan AirAsia Group.

“Kami akan terus berinovasi dan beradaptasi. Kami sudah melihat peningkatan dalam hal basis pelanggan, serta pendapatan dan metrik utama lainnya. Kami siap untuk kembali lebih kuat dan lebih kuat di dunia pasca-Covid,” pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2021/10/06/134446626/airasia-pesan-362-pesawat-a321neo-tony-fernandes-kami-siap-kembali-lebih-kuat

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+