Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkop Teten Apresiasi Produsen Cangkul yang Bersertifikat SNI

Cangkul tersebut telah mendapat sertifikasi layak mutu SNI.

“Akhirnya kita mampu swasembada cangkul sendiri yang saat ini bahan bakunya di-support oleh BUMN, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan dukungan pembiayaan dari PT BRI (Persero) Tbk,” ucap Teten dalam launching produk SNI Cangkul Nasional Merah Putih sekaligus Pelepasan Ekspor Batu Fosil ke Hamburg, Jerman di Pendopo Bupati Tulungagung, Jawa Timur, dikutip Kompas.com dalam siaran resminya, Jumat (22/10/2021).

Di kesempatan yang sama, Menkop UKM mengunjungi pabrik sekaligus tempat produksi cangkul Merah Putih di kawasan Tulungagung, Jawa Timur.

Teten menceritakan, saat dirinya mengawali menjabat sebagai menteri, kabar mengenai cangkul impor menyeruak. Dirinya pun lantas diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencari solusinya.

Ketika itu, Teten bilang, bahan baku menjadi isu utamanya.

“Akhirnya kami menempuh jalan untuk memperkuat koperasinya terlebih dahulu, kemudian bermitra bersama BUMN untuk ketersediaan bahan baku,” jelas Teten.

Cangkul Merah Putih merupakan program lokalisasi kolaborasi KemenKopUKM bersama Kementerian Perindustrian, LPDB-KUMKM, dan BUMN untuk menekan impor cangkul.

https://money.kompas.com/read/2021/10/22/171500026/menkop-teten-apresiasi-produsen-cangkul-yang-bersertifikat-sni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke