Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga: Dipertimbangkan Pengurangan Karantina dari 5 Hari Menjadi 3 Hari

Sandiaga mengatakan, hal ini berdasarkan masukan dari epidemiolog bahwa jika pelaku perjalanan telah tervaksin lengkap dan sudah dilakukan tes PCR sebelum keberangkatan, saat kedatangan, dan saat keluar, maka dipertimbangkan pengurangan hari karantina.

“Akan dipertimbangkan pengurangan hari karantina dari 5 hari menjadi 3 hari. Untuk pelaku perjalanan luar negeri yang sudah tervaksinasi lengkap dan mengikuti protokol 3T akan ada keputusan untuk juga menurunkan jumlah hari karantina,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (1/11/2021).

Di sisi lain, terkait dengan karantina, Kemenparekraf berinovasi dengan menawarkan karantina melalui kapal Live On Board (LOB). Hal tersebut berdasarkan rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Kemenparekraf juga berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 terkait permohonan verifikasi kapal LOB.

"Asosiasi Jaringan Kapal Rekreasi (Jangkar) (juga) telah bersurat ke Kemenparekraf terkait kesiapan kapal dan verifikasi," ujar dia.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, mengungkapkan saat ini telah ada 38 kapal yang mendaftar untuk fasilitasi karantina pelaku perjalanan pariwisata.

“Saat ini sedang dilakukan verifikasi beberapa kapal, terkait dengan kelengkapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) karena, pada dasarnya, sejak tahun lalu kami sudah mempunyai pedoman CHSE untuk kegiatan diving, termasuk LOB," ujarnya Rizki.

https://money.kompas.com/read/2021/11/02/063938126/sandiaga-dipertimbangkan-pengurangan-karantina-dari-5-hari-menjadi-3-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke