Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BCAP Berencana Gabungkan Produk Digital Inti dengan Brand Motion Digital

Penggabungan ini mencakup produk digital ini seperti, MotionBanking (MB), MotionPay (MP), Motion Trade (MT), dan Flash Mobile (FM), menjadi satu kesatuan PT Motion Digital Technology (MDT), dengan brand Motion Digital.

Presiden Direktur MNC Kapital, Wito Mailoa mengatakan, latar belakang utama konsolidasi ini adalah untuk menciptakan sinergi yang maksimal antara MB, MP, MT dan FM.

“Kami berencana untuk menyatukan produk digital inti kami di bawah nama PT Motion Digital Technologi dengan brand Motion Digital. Dengan integrasi dan sinergi ini, kami akan lebih fokus pada aplikasi berbasis transaksi dan juga menarik lebih banyak investor, termasuk private equity, hedge fund, investor start-up, dan lembaga keuangan lainnya,” kata Wito dalam paparannya.

Wito juga mengatakan, konsep penggabungan ini nantinya akan mengumpulkan semua layanan keuangan digital berbasis transaksi di bawah satu entitas, Motion Digital.

Diharapkan dengan penggabungan ini juga dapat membantu masyarakat memperoleh keuntungan secara maksimal, mulai dari transaksi sehari-hari, pembiayaan digital, hingga wealth management untuk masa depan, yang memungkinkan pelanggan mengelola semua kebutuhan keuangan mereka.

MotionBanking akan mengintegrasikan QRIS dari MotionPay sehingga pengguna MotionBanking dapat bertransaksi di merchant offline menggunakan QRIS.

MNC Bank juga dalam proses mendapatkan persetujuan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk mengelola rekening dana nasabah sehingga pengguna MotionBanking dapat membuka rekening MotionTrade secara seamless dan sebaliknya.

“Aplikasi-aplikasi di bawah Motion Digital akan terinterkoneksi satu sama lain dengan sistem akses satu pengguna atau sering disebut single sign-on, e-KYC yang terhubung, dan juga cross wallet untuk kenyamanan bertransaksi,” tambah dia.


Kemudian, Flash Mobile akan memproses semua transaksi yang disebutkan di atas untuk memastikan eksekusi real-time.

Lebih lanjut, Wito menyebut, Motion Digital juga akan memaksimalkan sinergi dengan MNC Media dan MNC Digital untuk menarik pengguna Motion Digital dengan berkolaborasi dengan ecommerce dan fintech sehingga dapat meningkatkan jumlah transaksi serta angka pengguna Motion Digital dengan cepat.

Adapun Sejumlah inovasi digital di bawah Motion Digital, pertama, Motion Banking oleh MNC Bank (BABP).

MotionBanking menawarkan pengalaman perbankan lengkap yang memungkinkan nasabah untuk melakukan pembukaan rekening, deposit, transfer, pembayaran online secara real-time dari smartphone.

Wito menjelaskan, sejak MotionBanking diluncurkan, MNC Bank telah menandatangani sejumlah perjanjian dengan pihak ketiga untuk memperluas ekosistemnya.

Kedua, Motion trade oleh oleh MNC Sekuritas yang merupakan aplikasi online trading saham dan reksa dana dengan fitur perintah suara (voice command) pertama di Indonesia.

Dilengkapi dengan update berita, riset berkala, serta fitur transaksi otomatis yang memudahkan para trader, MotionTrade dapat diakses secara praktis melalui berbagai perangkat.

MotionTrade telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk verifikasi data calon investor. Juga dengan Bank Central Asia untuk e-KYC dan pembukaan rekening secara full online.

Saat ini, MotionTrade berkolaborasi dengan 18 perusahaan manajemen investasi, menjual 83 produk reksa dana online di aplikasi Motion.

Selanjutnya, Motion Pay oleh MNC Teknologi Nusantara yang merupakan layanan e-money, e-wallet (MotionWallet) untuk pembayaran dengan kartu debit dan kartu kredit, serta transfer digital (MotionTransfer), lengkap dengan fitur QRIS dan program loyalitas (MotionPoints).

Beberapa mitra terkemuka MP termasuk Baznas, Alfamart, Alodokter, Ruang Guru, KoinWorks, Pos Indonesia, Indosat, Blibli.com, dan ekosistem luas MNC Group.

https://money.kompas.com/read/2022/02/15/172955626/bcap-berencana-gabungkan-produk-digital-inti-dengan-brand-motion-digital

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke