Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia Serang Ukraina, Harga Emas Dunia Kian Dekati 2.000 Dollar AS

Dilansir dari Bloomberg, harga emas di pasar spot pada pukul 14.00 WIB menguat 1,75 persen ke level 1.942,3 dollar AS per troy ounce, dan semakin level tertinggi sejak Januari 2021.

Penguatan juga terjadi pada emas berjangka Comex untuk kontrak April 2022, yang meningkat 1,78 persen ke level 1.944,4 dollar AS per troy ounce.

Upaya Rusia demiliterisasi Ukraina

Sebagaimana diketahui, harga emas belakangan terus mengalami kenaikan seiring dengan memanasnya konflik antara Rusia dengan Ukraina.

Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin telah resmi mendeklarasikan perang dengan Ukraina, menurut laporan dari New York Post. Rusia telah melakukan operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi Ukraina.

Putin telah mengirim pasukan militer ke wilayah timur Ukraina, usai dirinya menandatangani dekrit yang mengakui kemerdekaan dua wilayah di Ukraina timur yaitu Luhansk dan Donetsk, yang memang sudah sejak lama didukung Rusia.

Kondisi tersebut pada akhirnya membuat Ukraina menetapkan  kondisi darurat nasional dan meminta warganya yang ada di Rusia untuk melarikan diri.

Sementara Amerika Serikat (AS) dan sekutunya akan mengenakan sanksi baru terhadap Rusia karena keputusan Putin tersebut.

https://money.kompas.com/read/2022/02/24/145526826/rusia-serang-ukraina-harga-emas-dunia-kian-dekati-2000-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke