Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Solusi Lupa Email dan Password untuk Login DJP Online

Kepentingan wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik misalnya, bergantung pada akses laman ini (DJP online login).

Untuk dapat login DJP online, wajib pajak harus memasukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan kata sandi yang dimiliki.

Wajib pajak tidak dapat menyelesaikan pelaporan SPT jika tidak dapat mengakses laman djponline, termasuk jika disebabkan karena wajib pajak tersebut lupa email DJP online (lupa email NPWP).

Demikian juga jika wajib pajak lupa kode Electronic Filing Identification Number (EFIN). Lupa password DJP online tanpa EFIN juga menjadi persoalan yang kerap muncul terkait hal ini.

Apa password DJP? Password DJP online berapa digit? Bagaimana cara mendapatkan password DJP online? Bagaimana cara mengganti email NPWP? Bagaimana cara mengetahui password NPWP?

Itulah sejumlah pertanyaan yang kerap bermunculan di kalangan pembaca, khususnya yang terkait dengan lupa pasword DJP online.

Lupa pasword atau kata sandi akun DJP online memang sering terjadi karena laman DJP tersebut jarang diakses, bahkan hanya diakses saat ingin melakukan pelaporan SPT.

Karena itu, khusus untuk kata sandi, sebaiknya wajib pajak berinisiatif untuk menyimpannya pada media seperti catatan pada telepon seluler atau draft pada surel pribadi wajib pajak.

Jika NPWP dapat disimpan karena ada bentuk fisiknya, kata sandi seharusnya juga dapat disimpan tanpa harus terlihat wujudnya karena ada media yang memfasilitasi atas itu.


Permohonan ubah kata sandi DJP online login

Bagi yang terlanjur lupa, berikut ini solusi bagi yang lupa password DJP online, termasuk jika terjadi lupa email DJP online:

Adapun jika belum memiliki akun, cara daftar akun DJP online adalah sebagai berikut:
Buka laman https://djponline.pajak.go.id/account/registrasi.

  • Isi sejumlah kolom isian sesuai panduan.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang dimasukkan hanya angka, tanpa tanda titik (.) dan strip (-).
  • Dapatkan EFIN (Electronic Filing Identification Number) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat bagi Wajib Pajak Orang Pribadi atau di KPP terdaftar bagi Wajib Pajak Badan.
  • Untuk melakukan registrasi akun masukkan NPWP, EFIN, dan Kode Keamanan.
  • Ikuti panduan sampai seluruh proses selesai.

Itulah informasi seputar solusi lupa pasword DJP online, lengkap dengan panduan mengatasi masalah lupa email DJP online (lupa email NPWP) untuk mengakses laman DJP online login.

https://money.kompas.com/read/2022/03/16/111454826/solusi-lupa-email-dan-password-untuk-login-djp-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke